Beranda Daerah KSOP Kelas II Bontang Peringati Harhubnas 2023 dengan Bersihkan Pantai dan Kampanye...

KSOP Kelas II Bontang Peringati Harhubnas 2023 dengan Bersihkan Pantai dan Kampanye Keselamatan Berlayar

256
0
BERBAGI

Bontang, Kalimantan Timur – Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2023, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Bontang menggelar kampanye kebersihan laut dan pantai serta keselamatan pelayaran di Pantai Tanjung Laut dan Loktuan, Kamis (14/9/2023).

Kepala KSOP Bontang, Kapten Alexander Seleng Allokendek mengatakan, kampanye ini merupakan bentuk partisipasi KSOP Bontang dalam mendukung program kebersihan yang dicanangkan Pemerintah Kota Bontang. Selain itu, kampanye ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan keselamatan laut dan pantai, khususnya di kawasan pelabuhan yang menjadi pintu gerbang perekonomian kota.

Kepala Kantor KSOP Kelas II Bontang, Capt. Alexander Seleng A;llokendek

‘Sektor pelabuhan adalah tulang punggung ekonomi. Untuk itu, harus terlihat bersih. Kanu juga mengajak masyarakat untuk pefuli lingkungan terutama menjaga lingkungan laut dan biotanya yang ada disekitar kita,” kata Capt. Alexander.

Kegiatan kampanye ini melibatkan sekitar 200 orang yang terdiri dari pegawai KSOP Bontang, pelaku usaha di sektor perhubungan, masyarakat sekitar pantai, serta siswa-siswi dari beberapa sekolah. Mereka bersama-sama membersihkan sampah-sampah yang berserakan di pantai dan laut, baik sampah organik maupun anorganik.

Selain kampanye kebersihan dan keselamatan, KSOP Bontang juga telah melaksanakan berbagai kegiatan lain dalam rangka Harhubnas 2023, seperti lomba seni, olahraga, dan sosial, termasuk donor darah. Puncak perayaan Harhubnas akan dilaksanakan pada 17 September 2023 dengan menggelar upacara resmi di kantor KSOP Kelas II Bontang.

“Kami dan seluruh insan transportasi dilingkungan KSOP Bontang berkomitmen untuk menjaga kebersihan dan keselamatan. Mudahan kampanye ini bisa memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat,” tutur Capt. Alexander.

Walikota Bontang, Basri Rase yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi langkah positif yang dilakukan oleh KSOP Bontang. Ia menilai bahwa kampanye ini sangat bermanfaat bagi pelestarian lingkungan dan kehidupan biota laut.

Basri juga berharap bahwa kampanye ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan, terutama di era industri 4.0 yang menuntut kesadaran lingkungan yang tinggi. Ia menekankan bahwa sampah memiliki potensi ekonomi yang besar, jika dikelola dengan baik. Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam mengelola sampah.

Walikota Bontang, Basri Rase S.IP, M,Si

“Bontang sudah menjadi salah satu kota terbaik dalam hal kepedulian lingkungan, bahkan menjadi referensi di kawasan Asia. Mari kita jaga prestasi ini dengan terus menjaga kebersihan dan keselamatan laut dan pantai kita,” pesannya.

Kampanye ini dihadiri Walikota Bontang, Dandim 0908/Bontang serta seluruh unsur kemaritiman di Kota Bontang. Ditandai dengan penandatangan kesepakatan dari seluruh pihak untuk berkomitmen menjaga lingkungan pantai dan laut yang berkelanjutan. (ad/aam)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here