Beranda Daerah Gelar Kukar Land Festival, Wakil Bupati Konsisten Bangkitkan Ekonomi Kreatif di Kutai...

Gelar Kukar Land Festival, Wakil Bupati Konsisten Bangkitkan Ekonomi Kreatif di Kutai Kartanegara

81
0
BERBAGI

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara memindahkan lokasi gelaran Kukar Land Festival yang akan berlangsung pekan depan, tepatnya 22-23 September 2023.

Helatan akbar yang digelar untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-241 Kota Tenggarong itu akan dilaksanakan di Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang.

Even ini menghadirkan delapan artis ibu kota untuk menghibur warga. Bakal hadir Club Dangdut Racun, Soegi Bornean, Tipe-X, Potret Band, Maliq & D’essentials, Soneta Grup, Setia Band dan Guyon Waton. 

Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin
menggadang-gadangkan ini sebagai even besar di Kukar dengan 100 stan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Ia menjamin, even ini akan mengguncangkan Tenggarong dengan target 100 ribu pengunjung datang Kota Raja untuk membelanjakan uangnya. 

“Saya yakin sektor ekonomi kreatif Kukar bangkit, hotel-hotel penuh, warung makan habis semua dagangannya. Multiplier efek semua sektor yang ada di sekitaran kegiatan ini kena dampaknya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara, Slamet Hadirahardjo mengungkapkan alasan berpindahnya lokasi Kukar Land Festival.

Hal tersebut dikarenakan prediksi animo masyarakat yang membludak. Ia pun mempertimbangkan daya tampung dan keamanan pada lokasi sebelumnya.

“Kami telah melakukan rapat, dan memutuskan untuk memindah venuenya ke lokasi yang lebih memadai untuk penonton yang banyak,” jelasnya.

Slamet mengatakan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara sudah mulai mempersiapkan helatan Kukar Land Festival sejak beberapa bulan sebelumnya.

Untuk persiapan lokasi dan panggung, pihak penyelenggara pun akan mulai mempersiapkan pada Senin mendatang.

Di mana, pada Kukar Land Festival nanti, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara telah mempersiapkan segala fasilitas untuk konser. Mulai dari stan UMKM, parkiran hingga WC.

“Mulai tanggal 17 September nanti kita sudah memulai pasang panggung,” lanjutnya.

Untuk pengamanan, Slamet memastikan akan mempersiapkan segalanya dengan matang. Kukar Land Festival akan memiliki dua susunan panggung berbeda.

Panggung pertama yakni Kumala yang akan berada di dalam stadion. Sedangkan panggung dua, yakni Tanah Merah berada di luar.

Dalam pelaksanaannya, Slamet juga memastikan pemerintah mempersiapkan ribuan pesapu (Ikat Kepala Suku Kutai) gratis kepada penonton. Untuk memecahkan rekor MURI penggunaan pesapu terbanyak.

“Menjelang Kukarland ini kami harap kegiatannya berlangsung lancar dan sukses. Saya juga mengajak masyarakat untuk mendukung kegiatan ini dan tidak membuat keributan,” harap Slamet. (ad/dy)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here