Beranda Daerah Dinas Koperasi dan UMKM Kutai Kartanegara Apresiasi Kreasi 6 Motif Batik Karya...

Dinas Koperasi dan UMKM Kutai Kartanegara Apresiasi Kreasi 6 Motif Batik Karya Persit Kodim 0906/KKR

184
0
BERBAGI

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kukar, Topik Zulfianur apresiasi Persit Kodim 0906/KKR yang berhasil membuat 6 motif batik dengan kearifan lokal di hari batik nasional 2023.

Agenda tersebut merupakan workshop membatik yang diadakan persit Kodim 0906/KKR bersama sahabat tuli di Tenggarong, di Aula Kodim 0906/KKR Jalan KH Achmad Muksin, pada Senin (2/10/2023).

Sekretaria Dinas Koperasi dan UMKM Kukar, Topik Zulfianur mengatakan batik adalah kekayaan nasional yang harus dilestarikan dan diwariskan turun-temurun untuk generasi muda.

“Saya dari dinas sangat mengapresiasi dengan kegiatan ini dan meminta ibu-ibu persit terus berlatih dan menghasilkan ide-ide kreatif karena batik adalah tuangan dari ide kreatif dituliskan dan dijadikan pakaian,” kata Topik.

Selain itu, Topik juga mengatakan saat ini bupati mendukung penuh masyarakat Kukar yang menciptakan karya dengan mengangkat kearifan lokal. Seperti halnya pembuatan batik ini.

“Batik berbudaya lokal ini sangat bernilai, bupati juga sudah memberikan fasilitas dan mendukung penuh dalam pembiayaan untuk masyarakat yang ingin menciptakan karya-karya lokal,” kata Topik.

Topik juga berharap batik yang sudah dibuat itu bisa dikenal dan di patenkan hak ciptanya, apalagi sekarang pemerintah Indonesia membagun IKN di Kalimantan Timur, besar peluang karya lokal bisa dikenal secara nasional.

“Hasil karya seperti batik ini, nanti bisa kita kenalkan agar masyarakat kita bisa memberikan kontribusi untuk kemajuan UMKM dalam menyambut IKN,” ucapnya.

“Secara kedinasan dan pemerintah daerah. Kami mengucapkan selamat hari batik nasional 2023, banggalah berbaju batik karena itu menjadi kekayaan dan ciri khas indonesia selamat hari batik 2023,” tambahnya. (ad/aam)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here