Beranda Daerah Efisiensi Pengeluaran Membawa Kenaikan TPP untuk ASN Kukar di Tahun 2024

Efisiensi Pengeluaran Membawa Kenaikan TPP untuk ASN Kukar di Tahun 2024

165
0
BERBAGI

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Pemerintah Daerah Kutai Kartanegara (Kukar) telah memberikan kabar baik bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan rencana kenaikan Tunjangan Penambahan Penghasilan (TPP) di tahun 2024. Keputusan ini didasarkan pada upaya efisiensi pengeluaran yang telah dilakukan sejak tahun sebelumnya.

Pada Agustus 2023, Pemkab Kukar melakukan langkah pertama dengan meningkatkan TPP untuk seluruh ASN di wilayah tersebut. Kenaikan ini menjadi yang pertama setelah beberapa tahun tidak ada peningkatan signifikan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Sunggono, menyatakan, “Kami bersyukur bahwa kami dapat meningkatkan TPP Kita berkat upaya efisiensi dalam pengeluaran. Hal ini telah menjadi komitmen kami untuk memberikan penghargaan kepada ASN yang telah bekerja keras.” Kata Sunggono didalam sambutannya saat sertijab pejabat Administrator Pemkab Kukar, Rabu (4/10/2023).

Dia juga menjelaskan bahwa sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri), belanja pegawai maksimal boleh mencapai 30 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Saat dia menjabat sebagai Sekda, APBD Kukar sebesar Rp. 4,6 triliun dengan belanja pegawai sekitar Rp. 1,8 triliun, sehingga belanja pegawai pada saat itu mencapai 49 persen, yang sulit dihindari karena jumlah pegawai mencapai sekitar 12.397 orang.

Namun, berkat usaha efisiensi dalam pengeluaran dan peningkatan pendapatan daerah dari tahun ke tahun, kenaikan TPP telah menjadi kenyataan. “Pengeluaran untuk kategori kita meningkat sebesar Rp. 1,8 triliun tahun lalu, termasuk banyak pengeluaran yang tidak diperlukan untuk pegawai. Kami akan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada ASN Kukar,” tambahnya.

Sunggono menekankan bahwa keputusan ini tidak ada hubungannya dengan politik, dan anggaran daerah yang semakin besar menjadi landasan untuk meningkatkan kesejahteraan ASN. “Jadi, kenaikan ini adalah hasil dari efisiensi anggaran dan komitmen kami untuk menghargai pekerjaan ASN,” pungkasnya. Dengan kenaikan ini, diharapkan ASN Kukar akan semakin termotivasi dan bersemangat dalam menjalankan tugas mereka untuk masyarakat. (ad/aam)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here