Beranda Daerah Dekade Aksi Keselamatan Jalan 2021-2030, Kukar Kampanyekan “Street for Life, Rethink Mobility”

Dekade Aksi Keselamatan Jalan 2021-2030, Kukar Kampanyekan “Street for Life, Rethink Mobility”

192
0
BERBAGI

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Dalam rangka mendukung dekade aksi keselamatan jalan 2021-2030, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar kegiatan “road safety campaign” yang diikuti oleh berbagai stakeholder dan masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap permasalahan keselamatan lalu lintas jalan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar H Sunggono mengatakan, keselamatan lalu lintas adalah tanggung jawab bersama, sehingga perlu adanya upaya untuk menekan tingkat kecelakaan di jalan.

“Tumbuhkan kesadaran kita untuk berlalu-lintas dengan agar terhindar dari kecelakaan,” ujar Sunggono mewakili Bupati Edi Damansyah pada kegiatan “road safety campaign” sebagai puncak acara dari rangkaian kegiatan Pekan Keselamatan Jalan tahun 2023, Minggu (8/10/2023) pagi di lapangan basket jalan KH. Akhmad Muksin, Tenggarong.

Menurut Sunggono, kegiatan tersebut merupakan salah satu program untuk mendukung dekade aksi keselamatan jalan 2021-2030 yang sejalan dengan kampanye keselamatan dunia dan mengacu pada tema yang dikeluarkan WHO pada pertemuan tingkat tinggi sidang umum PBB tahun 2023 yaitu “street for life, rethink mobility”.

“Tema ini berfokus pada transportasi berkelanjutan, khususnya kebutuhan untuk beralih ke berjalan kaki, bersepeda, dan menggunakan transportasi umum,” jelasnya.

Sunggono menambahkan, data korlantas Polri menunjukkan bahwa jumlah kecelakaan tahun 2020 menurun hingga 14 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah korban meninggal akibat kecelakaan juga ikut menurun sekitar 18 persen.

“Penurunan angka kecelakaan tersebut, salah satunya disebabkan oleh turunnya mobilisasi lalu lintas pada masa pandemi covid-19. Namun, pada tahun 2021 angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia mengalami kenaikan, mencapai 103.645 kasus,” ungkapnya.

Melihat fakta di atas, kata Sunggono sudah selayaknya semua stakeholder menunjukkan kepedulian terhadap permasalahan keselamatan lalu lintas jalan. Melalui kegiatan ini hendaknya menumbuhkan kesadaran untuk berupaya menekan tingkat kecelakaan di jalan.

“Besar harapan kami kiranya kegiatan ini dapat terus menumbuhkan rasa cinta akan keselamatan dan dapat meminimalisir angka korban lalu lintas dimasa yang akan datang,” demikian harapnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here