Beranda Daerah Kerjasama Pemkab Kutai Kartanegara dan TNI-Polri Siapkan Calon Prajurit dari Putra-Putri Terbaik

Kerjasama Pemkab Kutai Kartanegara dan TNI-Polri Siapkan Calon Prajurit dari Putra-Putri Terbaik

73
0
BERBAGI

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Putra dan putri terbaik Kutai Kartanegara (Kukar) akan mendapatkan pembinaan dan pelatihan (Binlat) untuk mengikuti seleksi penerimaan calon siswa prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan anggota Polisi Republik Indonesia (Polri). Hal ini merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar dengan jajaran TNI AU, AL, AD, dan Polri.

Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Bupati Kukar Edi Damansyah bersama Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (AU) Dhomber Balikpapan Kolonel (PeNerBang) David Ali Hamzah, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL) Balikpapan Kolonel Laut (Pelaut) Dr. Hendriman Putra, Dandim 0906 KKR Letkol Inf Jefry Satria, serta perwakilan Polres Kukar di halaman Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kukar, Senin (9/10/2023).

Edi Damansyah mengatakan, kerjasama ini bertujuan untuk memberikan bimbingan dan pelatihan kepada putra dan putri Kukar yang berminat menjadi anggota TNI dan Polri. Mereka akan dipersiapkan sebelum mengikuti seleksi resmi penerimaan calon siswa dan siswi Akademi Militer (Akmil) dan Akademi Polisi (Akpol).

“Jadi nanti anak-anak Kutai Kartanegara yang ingin masuk menjadi anggota TNI dan Polri, sebelum mengikuti tes resminya itu diberikan bimbingan terlebih dahulu, agar nantinya saat anak-anak Kabupaten Kukar ingin mengikuti seleksi penerimaan sudah memiliki persiapan,” kata Edi Damansyah.

Ia berharap, kerjasama ini dapat melahirkan jenderal-jenderal dari korps TNI dan Polri yang berasal dari Kukar di masa depan. “Saya berkeinginan nanti suatu saat adalah anak-anak dari Kutai Kartanegara yang ke depan bisa menjadi jenderal, baik itu jenderal dari kepolisian, angkatan laut, angkatan darat, maupun angkatan udara,” harapnya.

Edi Damansyah juga mengajak seluruh pihak terkait, khususnya pihak sekolah, untuk mendukung program ini dengan mempersiapkan fisik dan kesehatan para siswa dan siswi yang ingin menjadi anggota TNI dan Polri. Menurutnya, faktor kesehatan sering menjadi penghambat bagi anak-anak Kukar untuk lolos seleksi. “Bukan hanya kemampuan akademik, karena kalau berdasarkan data akademik itu kita bisa lah sudah mengimbanginya, tapi faktor kesehatan lah yang banyak menggugurkan,” ujar Edi Damansyah. (ADV/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here