Beranda Daerah Pemkab Kutai Kartanegara Jajaki Kerjasama dengan Puslikoka Jember untuk Budidaya Kopi

Pemkab Kutai Kartanegara Jajaki Kerjasama dengan Puslikoka Jember untuk Budidaya Kopi

88
0
BERBAGI

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berencana menjalin kerjasama dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Puslikoka) Jember, Jawa Timur, untuk meningkatkan kompetensi budidaya kopi di daerah tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris BKPSDM Kukar Suhada saat membacakan sambutan tertulis Bupati Kukar dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Kompetensi Budidaya Kopi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) sub Pertanian, Senin (9/10/2023) di UPT BPPSDM Provinsi Kalimantan Timur, Sempaja Samarinda.

“Kerjasama ini diharapkan dapat mendukung percepatan pencapaian pembangunan pertanian di Kabupaten Kutai Kartanegara, khususnya dalam hal budidaya, panen dan pascapanen kopi,” kata Suhada.

Suhada menjelaskan, kerjasama dengan Puslikoka Jember merupakan salah satu dari dua program prioritas Pemkab Kukar dalam bidang pertanian. Program lainnya adalah peningkatan produksi jagung, perikanan dan industri kecil menengah (IKM).

“Kedua program prioritas tersebut akan dilaksanakan dengan dukungan seluruh pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah pusat, provinsi, kecamatan, desa, dunia usaha, perguruan tinggi dan masyarakat utamanya petani dan nelayan,” ujarnya.

Adapun beberapa kegiatan yang akan dilakukan dalam program tersebut antara lain pembangunan 120 unit embung skala kecil, pembangunan atau perbaikan 120 kilometer jalan usaha tani atau jalan produksi, pembentukan unit usaha pertanian pada Perusda dan BUM Desa termasuk Koperasi Petani, peningkatan areal tanam jagung seluas 30.000 hektar, fasilitasi sarana dan prasarana bagi 25.000 nelayan atau pembudidaya perikanan dan pembangunan sentra IKM.

“Semoga dengan adanya bimtek ini, para ASN sub Pertanian dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam budidaya kopi sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” tutup Suhada.(ADV/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here