Beranda Daerah Pariwisata dan UMKM Jadi Sorotan di Pekan Raya Sebulu

Pariwisata dan UMKM Jadi Sorotan di Pekan Raya Sebulu

160
0
BERBAGI

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Pekan Raya Sebulu menjadi ajang promosi pariwisata dan UMKM di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur. Acara ini digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kukar melalui Dinas Pariwisata di Kecamatan Sebulu, pada 11-15 Oktober 2023.

Acara ini merupakan bagian dari 81 agenda pariwisata yang disusun oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kukar untuk tahun 2023. Tujuannya adalah untuk memperkuat pembangunan ekonomi berbasis pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif di Kukar.

Salah satu misi pembangunan Kukar yang diterjemahkan oleh OPD terkait dalam program kegiatan ini adalah Kukar Kreatif Idaman. Program ini menggali potensi lokal yang ada di Kukar, baik dari segi seni, budaya, maupun produk UMKM.

Sekretaris Dinas Pariwisata, Sugiarto, mengatakan bahwa masyarakat Sebulu dapat berpartisipasi dalam acara ini dengan cara memasarkan produk UMKM mereka. Selain itu, mereka juga dapat menampilkan berbagai kesenian daerah sebagai upaya pelestarian seni dan budaya Kukar.

“Kami berharap hal ini dapat kita apresiasi dan membantu agar kesenian daerah tidak mudah hilang,” kata Sugiarto saat diwawancara awak media, Kamis (12/10/2023).

Ia juga berharap Pekan Raya Sebulu memberikan dampak positif bagi masyarakat Sebulu melalui produk UMKM yang ditawarkannya. Ia mengakui bahwa dunia UMKM saat ini tengah menghadapi persaingan yang ketat dalam perdagangan online.

“Kita tidak bisa menyalahkan online shop yang saat ini lebih banyak dipilih. Hal ini terjadi karena masyarakat yang lebih mengutamakan kepraktisan, kemudahan dengan harga yang dianggap jauh lebih murah,” ujarnya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here