Beranda Daerah Bappeda Kutai Kartanegara : Bangun Kawasan Pertanian Terintegrasi Bersama UGM

Bappeda Kutai Kartanegara : Bangun Kawasan Pertanian Terintegrasi Bersama UGM

150
0
BERBAGI

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berkolaborasi dengan Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada (UGM) untuk mengembangkan kawasan pertanian terintegrasi. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara kedua pihak.

Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar Sy. Vanesa Vilna mengatakan, kawasan pertanian terintegrasi merupakan salah satu program prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026. Tujuannya adalah untuk mendorong transformasi ekonomi di Kukar melalui pertanian berkelanjutan.

“Kawasan pertanian terintegrasi adalah kawasan yang mengintegrasikan berbagai aspek pertanian, mulai dari produksi, industri, bisnis, teknologi, hingga wisata. Kawasan ini juga harus memiliki potensi sumber daya alam dan manusia yang memadai,” ujar Vanesa Vilna, Jumat (13/10/2023).

Menurut Vanesa Vilna, yang akrab disapa Nana, pihaknya telah menetapkan tiga desa sebagai lokasi pilot project kawasan pertanian terintegrasi, yaitu Cipari Makmur, Karang Tunggal, dan Sumber Sari. Ketiga desa ini dipilih karena memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif dalam bidang pertanian.

“Kami berharap, dengan adanya kerjasama dengan UGM, kami dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas kawasan pertanian terintegrasi di Kukar. Hal ini tentunya akan memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya para petani, peternak, dan pembudidaya,” kata Nana.

Nana menambahkan, pembangunan kawasan pertanian terintegrasi di Kukar sejalan dengan visi Bupati Kukar Edi Damansyah, yaitu menjadikan Kukar sebagai daerah yang maju, mandiri, dan sejahtera. Untuk itu, ia mengajak semua pihak untuk mendukung program ini agar dapat terwujud pada tahun 2024.(ADV/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here