Beranda Daerah Bumdes Tukung Ritan Sejahtera, Dari Transportasi Air ke Darat

Bumdes Tukung Ritan Sejahtera, Dari Transportasi Air ke Darat

192
0
BERBAGI

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Bumdes Tukung Ritan Sejahtera di Kecamatan Tabang, Kutai Kartanegara, merupakan salah satu contoh usaha yang beradaptasi dengan perubahan zaman. Awalnya, Bumdes ini bergerak di bidang transportasi air, yaitu menyediakan kapal fery penyebrangan untuk masyarakat setempat. Namun, sejak adanya jembatan yang menghubungkan dua sisi sungai, Bumdes ini beralih ke bidang transportasi darat.

“Kami melihat peluang usaha di transportasi darat, yaitu travel mobil. Kami sudah memiliki enam unit mobil yang siap beroperasi untuk melayani perusahaan-perusahaan di sekitar sini,” kata Ubang Ului, Kepala Desa Tukung Ritan, Jumat (13/10/2023).

Menurut Ubang, Bumdes ini terbuka untuk masyarakat yang ingin bergabung dengan usaha transportasi darat. Syaratnya, mereka harus memiliki mobil yang sesuai dengan standar perusahaan yang menjadi mitra Bumdes.

“Kami ingin memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk meningkatkan penghasilan mereka. Salah satu kendala yang sering dihadapi adalah legalitas usaha. Dengan bergabung di Bumdes, mereka bisa lebih mudah menjalin kerjasama dengan perusahaan,” ujar Ubang.

Bumdes Tukung Ritan Sejahtera didirikan pada tahun 2020 dengan tujuan untuk memberdayakan masyarakat desa dalam bidang usaha. Selain transportasi, Bumdes ini juga memiliki usaha lain seperti pertanian dan perdagangan.(ADV/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here