Beranda Daerah Bupati Kutai Kartanegara Luncurkan Kredit Nol Persen untuk Petani, Nelayan, dan Pembudidaya...

Bupati Kutai Kartanegara Luncurkan Kredit Nol Persen untuk Petani, Nelayan, dan Pembudidaya Ikan

150
0
BERBAGI

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meluncurkan program Kredit Kukar Idaman untuk para petani, nelayan, dan pembudidaya ikan di wilayahnya. Program ini menawarkan bunga nol persen dan plafon hingga Rp 50 juta.

Peluncuran program ini dilakukan bersamaan dengan pencanangan Gerakan Pangan Murah Serentak se-Indonesia di Halaman Parkir Kantor Bupati, Tenggarong, Senin (16/10/2023).

Edi Damansyah mengatakan, program ini merupakan bentuk komitmen pemerintah kabupaten (pemkab) Kukar untuk memberikan kemudahan akses permodalan bagi masyarakat di sektor pertanian.

“Kredit ini menjamin semua kelompok tani, termasuk kelompok tani hutan melalui kegiatan pertanian hutan sosial. Mereka bisa meminjam modal dengan bunga nol persen dan sesuai dengan analisis lapangan oleh pihak Bankaltimtara,” ujar Edi.

Menurut Edi, jangka waktu pengembalian kredit maksimal 36 bulan dan pembayarannya bisa diangsur setiap kali panen atau produksi secara periodik. Peminjam hanya perlu mengembalikan pokok pinjaman tanpa bunga.

“Kredit Kukar Idaman ini sudah dianalisis dan sangat mudah diakses. Saya harap masyarakat bisa memanfaatkan program ini dengan baik,” kata Edi.

Edi juga mengimbau masyarakat untuk berhenti meminjam modal dari rentenir yang ada di Kukar. Ia mengatakan, pemkab Kukar telah mengalokasikan penyertaan modal ke Bankaltimtara untuk dapat berkontribusi bagi pengembangan perekonomian daerah, khususnya di sektor riil.

“Saya berharap program ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung ketahanan pangan nasional,” tutur Edi.(ADV/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here