Beranda Daerah Kades Sumber Sari Berharap Bantuan dari Pemkab Bisa Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Pokdarwis

Kades Sumber Sari Berharap Bantuan dari Pemkab Bisa Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Pokdarwis

145
0
BERBAGI

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki destinasi wisata yang menarik, yaitu Puncak Bukit Biru. Namun, destinasi wisata ini masih kurang memiliki fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan wisata.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Kukar memberikan bantuan fasilitas wisata kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Dewi Arum yang mengelola destinasi wisata Puncak Bukit Biru. Bantuan tersebut berupa enam unit sepeda, enam unit kemah, dan empat unit glamorous camping (glamping).

“Kami berharap bantuan ini bisa meningkatkan pendapatan ekonomi Pokdarwis dan kedepannya bisa menjadi pendapatan asli desa (PADes) Sumber Sari,” kata Kepala Desa Sumber Sari, Sutarno, saat menerima bantuan secara simbolis dari Bupati Kukar, Edi Damansyah, di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Sumber Sari, Selasa (17/10/2023).

Sutarno menjelaskan, Puncak Bukit Biru merupakan salah satu potensi wisata di Desa Sumber Sari yang memiliki pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk. Di lokasi ini, pengunjung bisa melakukan kegiatan perkemahan dan bersepeda.

“Selama ini kami masih kesulitan dalam menyediakan fasilitas yang memadai untuk para pengunjung. Dengan adanya bantuan ini, kami berharap bisa meningkatkan kualitas pelayanan dan menarik minat wisatawan lebih banyak lagi,” ujarnya.

Sutarno menambahkan, pihaknya juga telah memanfaatkan media online untuk mempromosikan destinasi wisata Puncak Bukit Biru. Selain memiliki website desa sendiri, yaitu www.sumbersariloakulu.com, Pokdarwis juga aktif di media sosial seperti Facebook dan Instagram.

“Kami berusaha untuk selalu mengupdate informasi terbaru tentang destinasi wisata kami di media online. Kami juga menerima masukan dan saran dari para pengunjung untuk terus meningkatkan kinerja kami,” ujarnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pariwisata Kukar, Slamet Hadiraharjo, mengapresiasi kreativitas dan semangat Pokdarwis Dewi Arum dalam mengelola destinasi wisata di Desa Sumber Sari. Ia berharap bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat.

“Bantuan ini merupakan bentuk dukungan kami kepada Pokdarwis yang telah berkontribusi dalam pengembangan pariwisata di Kukar. Kami berharap dengan adanya bantuan ini, Pokdarwis bisa meningkatkan penghasilannya di sektor wisata dan menjadi sumber pendapatan asli desa (PADes) bagi Desa Sumber Sari,” kata Slamet.(ADV/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here