Beranda Daerah Disdukcapil Kutai Kartanegara Luncurkan IKD, Kartu Identitas yang Berisi Data Lengkap Warga

Disdukcapil Kutai Kartanegara Luncurkan IKD, Kartu Identitas yang Berisi Data Lengkap Warga

155
0
BERBAGI

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Kartanegara (Kukar) terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada warga. Salah satu inovasinya adalah meluncurkan Identitas Kartu Digital (IKD), sebuah kartu identitas yang berisi data lengkap warga, mulai dari KTP, kartu keluarga, kartu pemilih, kartu vaksin, NPWP, hingga info pajak kendaraan bermotor.

Kepala Disdukcapil Kukar, Muhammad Iriyanto, mengatakan bahwa IKD adalah hasil dari perubahan-perubahan yang dilakukan Disdukcapil dalam tiga tahun terakhir. “Sejak 2020, kita sudah beralih dari tandatangan basah ke tandatangan elektronik, dari media kertas warna-warni yang mahal ke kertas putih, dari dokumen kependudukan yang manual ke PDF,” kata Iriyanto saat dikonfirmasi, Rabu (18/10/2023).

Iriyanto menjelaskan bahwa PDF tersebut sudah bisa dikirim lewat email dan WhatsApp, dan bisa disimpan draft di handphone. “Itulah nanti fungsi utama dari IKD dan lengkap semuanya ada di situ,” ujarnya.

Menurut Iriyanto, nilai jual IKD itu adalah data balikannya, selain KTP dan kartu keluarganya. Data balikan tersebut berasal dari data yang ada di KTP Siak dan lembaga publik lainnya.

“Jadi pengguna IKD ini lengkap sepanjang dia sudah pernah berurusan dengan kantor pajak. Dari kendaraannya berapa pajaknya berapa dan sudah bayar berapa itu bisa dilihat dari IKD-nya dan itu sangat membantu bagi negara seperti data bantuan. Seandainya dia sudah punya mobil layak kah dia dapat bantuan PPKH, minyak goreng, raskin. Jadi tidak perlu lagi didata ulang dari situ bisa dilihat,” paparnya.

Iriyanto menambahkan, data balikan yang pernah diluncurkan dulu seperti NPWP dan sebagainya itu namun ditarik lagi untuk disempurnakan dan itu bakal muncul lagi di bulan ini dengan data yang lebih lengkap lagi dan semua ada di genggaman. Bahkan data keluarga dan fotonya pun lengkap di situ.

“Seperti contoh ini statusnya cerai hidup ketika nanti menikah maka data di IKD itu akan berubah secara otomatis tidak perlu mengurus lagi,” tuturnya.
Iriyanto mengungkapkan, pihaknya ingin Kukar ini sudah punya duluan ketika nanti diberlakukan secara masif untuk semua lembaga publik. “Kukar ini sudah siap berjalan,” pungkasnya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here