Beranda Daerah Kepala Desa Margahayu Study Banding, Kunjungi Desa Dongziguan Tiongkok

Kepala Desa Margahayu Study Banding, Kunjungi Desa Dongziguan Tiongkok

170
0
BERBAGI

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Rusdi, Kepala Desa Margahayu, Kecamtan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengaku mendapat banyak manfaat dari kunjungan ke Desa Dongziguan di Kabupaten Fuyang, Kota Hangzhou, Tiongkok. Ia bersama 19 Kepala Desa lainnya dari Indonesia belajar tentang pembangunan desa yang berkelanjutan dan pelestarian warisan budaya di desa yang bersejarah itu.

“Kunjungan ini sangat bermanfaat bagi kami untuk memahami praktik-praktik pembangunan desa yang berkelanjutan di Tiongkok. Kami juga dapat berbagi pengalaman dengan komunitas desa Tiongkok,” kata Rusdi via telpon, Jumat (20/10/2023).

Desa Dongziguan yang dikunjungi oleh para Kepala Desa Indonesia adalah desa yang memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi. Desa ini sudah ada sejak lebih dari 1.500 tahun lalu dan memiliki banyak bangunan kuno yang masih terawat.

Desa Dongziguan, Tiongkok

Salah satu bangunan kuno yang menarik perhatian para Kepala Desa Indonesia adalah Rumah Agung Keluarga Xu yang merupakan rumah tertua di desa itu. Rumah ini dibangun pada akhir Dinasti Qing dan awal Perang Saudara dan memiliki arsitektur yang khas.

Selain Rumah Agung Keluarga Xu, desa ini juga memiliki Aula Anya, Aula Long Pool, Kuil Yue Shi, Aula Chunhe, Gedung Aula Zhu Jia, dan lain-lain. Di sisi selatan desa kuno ini juga terdapat “Rumah bergaya Hangzhou” yang baru dibangun dan menambah keindahan desa.

Desa Dongziguan juga dikenal sebagai tempat tinggal penulis terkenal Tiongkok, Yu Dafu yang menulis novel “Dongziguan” yang mengisahkan kehidupan masyarakat desa. Desa ini juga terkenal dengan dokter patah tulang Zhang Shaofu yang banyak menarik pasien dari seluruh negeri.

Rusdi berharap bahwa kunjungan ini akan memperkuat kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok dalam bidang pembangunan desa dan pelestarian warisan budaya. Ia juga mengapresiasi keramahan dan kerjasama dari pihak desa Dongziguan.

“Kami merasa diterima dengan baik oleh warga desa Dongziguan. Mereka sangat ramah dan bersedia berbagi pengetahuan dengan kami. Kami juga mendapat banyak souvenir dan oleh-oleh dari mereka,” ujar Rusdi.(ADV/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here