Beranda Daerah Ketinting Sport Mahakam Pangdam VI Cup 2023, Ajang Promosi Wisata dan Budaya...

Ketinting Sport Mahakam Pangdam VI Cup 2023, Ajang Promosi Wisata dan Budaya Kukar

183
0
BERBAGI

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Olahraga tradisional perahu ketinting menjadi salah satu atraksi wisata dan budaya yang digelar di Sungai Mahakam Kota Raja Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Jumat (20/10/2023). Kegiatan ini bertajuk Open Race Ketinting Sport Mahakam Panglima Kodam (Pangdam) VI Cup 2023, yang diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai kategori.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar Dafip Haryanto, yang mewakili Bupati Kukar Edi Damansyah. Dalam sambutannya, Dafip mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk pelestarian dan pengembangan olahraga kreasi yang merupakan tradisi masyarakat Kukar.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi semua dalam rangka mengembangkan dan mempromosikan potensi wisata di Ibu Kota Tenggarong, Kabupaten Kukar, serta untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui retribusi biaya pariwisata,” ujar Dafip.

Dafip juga berharap agar lomba ketinting ini masuk dalam agenda pariwisata di Kabupaten Kukar, karena selain memperkenalkan objek wisata yang ada di Kukar, juga mampu memacu pertumbuhan ekonomi dengan memberdayakan UMKM yang ada.
Pemkab Kukar kedepannya akan terus mendukung terselenggaranya kegiatan ini sebagai ajang untuk mempromosikan kearifan lokal.

“Kita harapkan olahraga kreasi ini terus berkembang dengan baik, mengingat peminatnya juga banyak dan penontonnya selalu melimpah ruah sehingga dapat memberikan hiburan kepada masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0906/KKR Letkol Inf Jeffry Satria, yang juga turut hadir dalam acara pembukaan, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT TNI ke-78 tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Pangdam VI/Mulawaman. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari Jumat hingga Minggu.

“Kami berharap, olahraga tradisional ini kedepannya terus digelar bahkan lebih ditingkatkan dan meriah lagi. Sehingga bisa terus berkembang dan dilestarikan, dan tidak akan hilang tergerus oleh perkembangan zaman,” harapnya.

Jeffry menambahkan, kegiatan ini memperlombakan empat kelas, yaitu 500 CC Piston 94 kategori Veteran, 230 CC Piston 75 kategori Umum, 500 CC Piston 94 kategori Umum 2 orang joki depan, dan 500 CC Piston 94 kategori Umum 2 orang joki belakang. Para pemenang akan mendapatkan piala dan hadiah menarik dari panitia.

Acara pembukaan Open Race Ketinting Sport Mahakam Pangdam VI Cup 2023 ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid, Kapolsek Tenggarong AKP Sukardi, Camat Tenggarong Sukono, Lurah Melayu Aditya Rahman, Kadispora Kukar Aji Ali Husni, dan perwakilan kepala OPD dilingkup Pemkab Kukar.(ADV/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here