Beranda Daerah Ada Anak Putus Sekolah? Disdik Kutai Kartanegara Siapkan Nomor Khusus

Ada Anak Putus Sekolah? Disdik Kutai Kartanegara Siapkan Nomor Khusus

143
0
BERBAGI

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Dinas Pendidikan Kutai Kartanegara (Kukar) punya cara baru untuk menangani masalah anak putus sekolah. Mereka membuka nomor khusus layanan yang bisa dihubungi oleh masyarakat.

Nomor khusus ini akan disosialisasikan sampai ke tingkat RT. Jadi, siapa saja yang melihat ada anak yang tidak sekolah, anak yang tidak terurus, atau hal-hal lain yang berkaitan dengan pendidikan bisa melapor ke nomor tersebut.

“Kami ingin masyarakat peduli pendidikan, jadi semua orang terlibat salah satunya RT. Nantinya RT bisa melapor ke kami dan kami juga membuka nomor khusus layanan yang nanti akan kita sampaikan di dalamnya ada anak putus sekolah, anak tidak terurus dan segala macam silahkan melapor ke dinas,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kukar, Thauhid Afrilian Noor, Sabtu (21/10/2023).

Hal ini merupakan salah satu isu penting yang dibahas dalam Forum Group Discussion (FGD) untuk membahas peta jalan pendidikan idaman Kukar. Selain itu, ada juga isu perlindungan guru dan penguatan mutu pendidikan.

Thauhid mengatakan bahwa guru-guru di Kukar berharap ada perlindungan dari pemerintah jika ada masalah. “Mereka berharap jangan sampai guru-guru ini ada masalah tidak ada pembelaan,” ujarnya.

Ia juga menekankan pentingnya sosialisasi dan keterlibatan masyarakat dalam pendidikan. Ia mengharapkan peran serta camat, lurah, dan masyarakat untuk mengawasi anak-anak yang berkeliaran saat jam istirahat. “Mereka harus menegur kenapa mereka di jalan tidak di kelas,” katanya.

Ia juga menyebutkan beberapa hal yang berkaitan dengan penguatan mutu pendidikan, seperti SDM guru, pelatihan, kolaborasi, dan infrastruktur.

Thauhid juga mengapresiasi kehadiran OPD-OPD terkait di FGD dan menyampaikan harapan mereka untuk ada komisi khusus di pendidikan yang menangani hal-hal terkait kekerasan di sekolah.

“Yang jelas ini kita sudah banyak masukan saran yang akan kita tulis dalam roadmap nanti. Setelah ini kita akan FGD pada stakeholder di dinas pendidikan dan bulan depan kita targetkan sudah ada lokakarya,” tutupnya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here