Beranda Daerah Kutai Kartanegara Susun Roadmap Pendidikan Idaman

Kutai Kartanegara Susun Roadmap Pendidikan Idaman

168
0
BERBAGI

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Forum Group Discussion (FGD) diperluas bersama pakar pendidikan nasional dan internasional dengan tema “Cita-cita, Capaian dan Harapan Pendidikan Idaman Kukar” di Tenggarong, Sabtu (21/10/2023).

FGD ini bertujuan untuk menyusun peta jalan atau roadmap memajukan pendidikan di Kukar yang bervisi, berkualitas, dan berkelanjutan. Roadmap ini diharapkan menjadi panduan dan arah bagi penyelenggaraan pendidikan di Kukar yang selaras dengan konstitusi dan visi-misi Kukar Idaman.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Pelaksana Tugas Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kukar, Dafip Hariyanto. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa roadmap pendidikan ini merupakan ikhtiar percepatan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berakhlak mulia, unggul, dan berbudaya.

“Kita ingin menciptakan SDM yang mampu bersaing dan berdiri sama tinggi dengan bangsa maju lainnya di dunia. Untuk itu kita harus memiliki peta jalan pendidikan yang jelas dan tegas yang menjamin pendidikan tetap berada dalam bingkai janji konstitusi,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan beberapa masukan dan saran dari berbagai pakar dan praktisi pendidikan nasional yang pernah disampaikan dalam forum sebelumnya. Di antaranya adalah:

1. Mengoptimalkan program 1000 guru sarjana dengan kualitas karakter Kukar;

2. Mendorong hadirnya sekolah tangguh yang memiliki kemampuan transferable skill dan teknikal skill;

3. Mengaktualisasikan nilai-nilai religiusitas dalam pendidikan;
Menyusun roadmap pendidikan yang efektif dalam jangka pendek dan panjang;

4. Memperhatikan sektor ekstraktif sumber daya yang seringkali merusak lingkungan dan penghidupan masyarakat lokal; dan
Memuat keberanian dan inovasi melakukan terobosan-terobosan yang tujuannya substantif.

“Semoga FGD ini dapat menghasilkan roadmap pendidikan yang sesuai dengan cita-cita, capaian, dan harapan pendidikan idaman Kukar. Saya berharap semua pihak dapat bekerja sama dan berkontribusi dalam proses penyusunan roadmap ini,” tutupnya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here