Beranda Daerah Desa Embalut Raih Juara di Lomba Ketinting Sport Pangdam VI Cup 2023...

Desa Embalut Raih Juara di Lomba Ketinting Sport Pangdam VI Cup 2023 di Kutai Kartanegara

146
0
BERBAGI

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Lomba ketinting sport Pangdam VI Cup berlangsung meriah di Sungai Mahakam, Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur. Lomba ini digelar dalam rangka memperingati HUT TNI ke-78 tahun 2023.

Salah satu desa yang menorehkan prestasi di lomba ini adalah Desa Embalut, Kecamatan Tenggarong Seberang. Desa ini berhasil meraih juara di beberapa kelas yang dipertandingkan.

Kepala Desa Embalut, Yahya, mengatakan bahwa lomba ketinting adalah olahraga tradisional yang harus dilestarikan dan dikembangkan. Menurutnya, lomba ini tidak hanya melestarikan budaya lokal, tetapi juga berpotensi sebagai wisata dan ekonomi kreatif.

“Kami bangga bisa mengharumkan nama desa kami di lomba ini. Ini juga sebagai bentuk apresiasi dan motivasi bagi warga kami yang gemar balap ketinting,” ujar Yahya, Minggu (22/10/2023).

Yahya menambahkan bahwa pemerintah desa memberikan uang pembinaan kepada warga yang ikut lomba ketinting.

“Juara 1 dapat 10 juta per orang, atlet baru juara 1 dapat 5 juta, juara 3 dapat 2 juta 500. Ini hadiah buat atlet kami yang bawa nama baik desa kami,” katanya.

Yahya berharap bahwa lomba ketinting dapat diakui sebagai kegiatan nasional bahkan internasional.

“Kalau bisa, kita ingin lomba ketinting masuk PON atau Asian Games. Soalnya sudah ada warga kita yang berprestasi dari balap ketinting ini,” ungkapnya.

Lomba ketinting sport Pangdam VI Cup memperlombakan empat kelas, yaitu 500 CC Piston 94 kategori Veteran, 230 CC Piston 75 kategori Umum, 500 CC Piston 94 kategori Umum 2 orang joki depan, dan 500 CC Piston 94 kategori Umum 2 orang joki belakang.(ADV/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here