Beranda Daerah Potensi Perikanan Desa Embalut, Produksi Budidaya Ikan yang Meningkat di Kutai Kartanegara

Potensi Perikanan Desa Embalut, Produksi Budidaya Ikan yang Meningkat di Kutai Kartanegara

170
0
BERBAGI

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Sektor perikanan, melalui budidaya ikan menjadi sentra perikanan warga Desa Embalut, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur.

Di sepanjang Sungai Mahakam yang mengalir di desa tersebut, tampak banyak tambak ikan milik warga. Menurut Kepala Desa Embalut, Yahya, sekitar 25 persen warga desanya bergerak di sektor perikanan.

“Kami memiliki potensi besar di bidang perikanan, terutama budidaya ikan. Setiap tahunnya produksi ikan kami meningkat, bahkan ikan produksi kami dikirim ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Panajam Paser Utara,” kata Yahya, Minggu, (22/10/2023).

Yahya menjelaskan, jenis ikan yang dibudidayakan warganya beragam. Ia mengaku tidak mengetahui secara pasti berapa jumlah tambak ikan yang ada di desanya, namun ia memperkirakan ada ratusan hektare lahan yang dimanfaatkan untuk budidaya ikan.

“Kami juga mendapat dukungan dari pemerintah daerah dan pusat untuk mengembangkan sektor perikanan ini. Misalnya dengan bantuan bibit ikan, pakan ikan, dan alat-alat penunjang lainnya,” ujarnya.

Salah satu faktor yang mendukung peningkatan produksi ikan di Desa Embalut adalah banyaknya pemancing dari luar desa yang datang untuk memancing ikan di tambak milik warga. Hal ini menjadi sumber pendapatan tambahan bagi pemilik tambak sekaligus sarana promosi bagi hasil budidaya ikan mereka.

“Kami menyambut baik para pemancing yang datang ke desa kami. Mereka bisa memancing ikan dengan harga murah dan menikmati pemandangan Sungai Mahakam. Kami juga berharap dengan adanya kegiatan memancing ini, bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke desa kami,” tuturnya.

Yahya berharap, sektor perikanan di Desa Embalut bisa terus berkembang dan memberikan manfaat bagi kesejahteraan warga. Ia juga mengajak warga lainnya yang belum bergabung untuk ikut berkecimpung di sektor ini.

“Kami ingin menjadikan Desa Embalut sebagai desa perikanan yang maju dan mandiri. Kami yakin dengan potensi yang kami miliki, kami bisa mencapai cita-cita itu,” pungkasnya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here