Beranda Daerah Bupati Kutai Kartanegara Beseprah Bersama Ribuan Santri

Bupati Kutai Kartanegara Beseprah Bersama Ribuan Santri

149
0
BERBAGI

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Ribuan santri dari berbagai pondok pesantren di Kutai Kartanegara (Kukar) berkumpul di Halaman Kantor Bupati, Minggu (22/10/2023) kemarin. Mereka mengikuti upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke 9 tahun 2023 yang dipimpin oleh Bupati Kukar Edi Damansyah.

Usai upacara, Edi Damansyah bersama unsur Forkompinda, para pejabat dilingkup Pemkab Kukar, jajaran Kemenag, jajaran MUI, para ustadz dan ustadzah, serta para santri melakukan tradisi beseprah. Beseprah adalah duduk bersila di atas tikar sembari makan bersama yang merupakan budaya masyarakat Kutai.

Dalam suasana keakraban dan kesederhanaan, mereka menyantap hidangan yang telah disediakan secara berkelompok. Tidak ada perbedaan status sosial di antara mereka. Semua merasakan kebersamaan dan kekeluargaan sebagai sesama umat Islam.

Edi Damansyah mengatakan bahwa Pemkab Kukar sangat peduli dengan pendidikan dan pembangunan pesantren. Ia menuturkan bahwa ada dua program Dedikasi Kukar yang beririsan dengan hal tersebut, yaitu Dedikasi Kukar Idaman dan Dedikasi Kukar Berkah.

“Program Dedikasi Kukar Idaman memberikan beasiswa kepada santri yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Sejak tahun 2022 lalu, sudah ada 410 orang yang mendapatkan beasiswa ini dengan target 200 orang per tahun. Program Dedikasi Kukar Berkah memberikan bantuan hibah kepada pondok pesantren sebesar 100 juta rupiah per pesantren. Sejak tahun 2022 lalu, sudah ada 26 pondok pesantren yang mendapatkan bantuan ini. Kami akan terus mengalokasikan anggaran untuk program-program ini hingga tahun 2024 mendatang,” jelasnya.

Edi Damansyah berharap bahwa program-program tersebut dapat meningkatkan kualitas pendidikan santri dan pesantren di Kukar. Ia juga mengapresiasi peran santri dan pesantren dalam menjaga nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan.

“Saya mengucapkan selamat Hari Santri Nasional kepada seluruh santri di Kukar. Semoga santri dapat menjadi generasi yang berilmu, berakhlak, berbakti, dan berkontribusi bagi bangsa dan negara,” ujarnya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here