Beranda Daerah Wakil Bupati Kutai Kartanegara Serahkan Bantuan untuk Nelayan Muara Badak

Wakil Bupati Kutai Kartanegara Serahkan Bantuan untuk Nelayan Muara Badak

126
0
BERBAGI

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Sebagai bentuk dedikasi untuk mewujudkan Kukar Idaman, Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) H Rendi Solihin memberikan bantuan kepada nelayan Muara Badak. Bantuan tersebut berupa 13 perahu fiber dan 2 juta bibit udang windu.

Bantuan itu diserahkan oleh Rendi di Pelabuhan Toko 5, Kecamatan Muara Badak, Kukar, Minggu (22/10/23). Penerima bantuan adalah Kelompok Usaha Bersama (KUB) Kapitan Muda dan dua kelompok pembudidaya udang, yaitu Inti Karya Bersama dan Tanjung Bersinar.

Rendi mengatakan, bantuan ini merupakan bagian dari program bantuan untuk 25 ribu nelayan produktif yang menjadi prioritas Pemkab Kukar. Program ini akan terus berlanjut hingga tahun 2024 mendatang.

“Kita ingin meningkatkan kesejahteraan nelayan dan pembudidaya di Kukar. Sebelumnya kita sudah memberikan ratusan mesin dan perahu. Sekarang kita tambah lagi dengan perahu fiber dan bibit udang. Ini semua sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” kata Rendi.

Selain itu, Rendi juga menyampaikan bahwa Pemkab Kukar sedang membangun pabrik rumput laut di Muara Badak. Pabrik ini akan menampung hasil panen nelayan rumput laut dan mengolahnya menjadi tepung rumput laut. Dengan demikian, nelayan rumput laut tidak perlu khawatir mencari pasar.

“Dengan pabrik sendiri, nelayan rumput laut kita bisa mandiri. Hasilnya juga bisa meningkatkan perekonomian mereka dan daerah sekitarnya,” ujarnya.

Rendi menambahkan, selain bantuan untuk nelayan dan pembudidaya, Pemkab Kukar juga terus memperhatikan infrastruktur di Muara Badak. Ia menyebutkan, jalan dan jembatan menjadi prioritas, begitu juga dengan pembangunan rumah sakit. Tak lupa, rumah ibadah juga mendapat bantuan dari program Kukar Idaman.

“Semua ini tidak mungkin terjadi tanpa dukungan semua pihak termasuk masyarakat. Mari kita bersama-sama mendoakan agar program ini berjalan lancar dan memberi manfaat bagi kita semua,” tuturnya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here