Beranda Daerah Aplikasi PEKEBUN ONLIE, Inovasi Dinas Perkebunan Kutai Kartanegara untuk Monitoring dan Evaluasi...

Aplikasi PEKEBUN ONLIE, Inovasi Dinas Perkebunan Kutai Kartanegara untuk Monitoring dan Evaluasi Perusahaan Swasta

172
0
BERBAGI

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Dinas Perkebunan Kutai Kartanegara (Kukar) meluncurkan aplikasi PEKEBUN ONLIE (Pelaporan Perkembangan Perkebunan Online) sebagai salah satu aksi perubahan yang dilakukan oleh Kepala Bidang Usaha dan Penyuluhan Samsiar. Aplikasi ini bertujuan untuk mempercepat dan mempermudah proses monitoring dan evaluasi perkembangan pembangunan perkebunan yang dilakukan oleh perusahaan swasta.

Samsiar menjelaskan, aplikasi ini merupakan bagian dari Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan III Lembaga Administrasi Negara (LAN) Tahun 2023 di Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah (Puslatbang KDOD) Samarinda. Ia mengatakan, selama ini Dinas Perkebunan menghadapi keterbatasan data dan validasi data perkembangan dan kemajuan usaha perkebunan, serta kesulitan dalam pelayanan kepada stakeholder atau Perusahaan Besar Swasta (PBS).

“Selama ini, metode pembuatan dan penyampaian laporan semester perkembangan usaha perkebunan oleh perusahaan dilakukan secara manual, yang membutuhkan waktu dan biaya yang cukup besar. Dengan aplikasi ini, kami berharap bisa mengubah cara pelaporan menjadi berbasis Teknologi Informasi (TI) secara online,” ujar Samsiar, Rabu (25/10/23).

Menurut Samsiar, aplikasi ini dapat digunakan oleh perusahaan perkebunan swasta untuk mengisi data profil, rencana dan realisasi pembangunan kebun inti, plasma, kemitraan, hambayan, kegiatan sosial lainnya. Data tersebut kemudian dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah untuk evaluasi dan monitoring kegiatan perusahaan perkebunan.

“Tujuan aplikasi ini adalah, meminimalisir biaya, meringankan pekerjaan dalam menyusun laporan semester, menyampaikan dan memanfaatkan laporan PBS,” terangnya.

Samsiar menambahkan, aplikasi ini telah selesai dibuat oleh Programmer Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kukar, dan telah diuji coba pada tanggal 21 Oktober 2023 di Kantor Dinas Perkebunan Kukar. Ia berharap, aplikasi ini dapat memberikan manfaat bagi Dinas Perkebunan, perusahaan swasta, dan Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kualitas pembangunan perkebunan di Kukar.

“Kami berterima kasih kepada LAN yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengikuti pelatihan kepemimpinan ini. Kami juga berterima kasih kepada Diskominfo Kukar yang telah membantu kami dalam membuat aplikasi ini. Kami berharap, aplikasi ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam mengembangkan inovasi-inovasi di bidang perkebunan,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here