Beranda Daerah Ikan dan Rumput Laut, Sumber Penghasilan Warga Kecamatan Samboja

Ikan dan Rumput Laut, Sumber Penghasilan Warga Kecamatan Samboja

152
0
BERBAGI

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Samboja, sebuah kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), memiliki potensi perikanan yang sangat besar. Sebagai daerah pesisir, sebagian besar penduduknya menggantungkan hidup dari laut, baik sebagai nelayan maupun pembudidaya ikan tambak.

Hasil tangkapan dan budidaya ikan mereka tidak hanya memenuhi kebutuhan lokal, tetapi juga dikirim ke kota-kota besar di sekitarnya, seperti Balikpapan, Samarinda, dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Camat Samboja, Damsik, mengatakan bahwa beberapa kelurahan di wilayahnya menjadi penghasil ikan terbesar di Kukar. Kelurahan-kelurahan tersebut adalah Tanjung Harapan, Kuala Samboja, Teluk Pemedas, dan Muara Sembilang.

“Sebagian wilayah penghasil ikan terbesar di daerah itu,” kata Damsik. Kamis (26/10/2023).

Damsik mengaku tidak mengetahui pasti berapa jumlah produksi ikan setiap bulannya di Samboja. Namun, ia menyebut bahwa produksinya sangat besar dan bahkan mampu memasok kebutuhan ikan di Kukar.

Para nelayan dan pembudidaya ikan menjual hasil ikannya baik langsung kepada konsumen maupun kepada para tengkulak di Samboja.

“Terkadang dari nelayan juga langsung menjual di tengkulak,” ucapnya.

Selain ikan, Samboja juga dikenal sebagai daerah penghasil rumput laut. Banyak pembudidaya rumput laut yang tersebar di sepanjang garis pantai yang mengelilingi Samboja.

“Daerah kita juga termasuk tempat budidaya rumput laut di Kukar,” tutupnya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here