Beranda Daerah Maluhu Siapkan Dua Destinasi Wisata Baru, Waduk Sumberejo dan Gua Maria

Maluhu Siapkan Dua Destinasi Wisata Baru, Waduk Sumberejo dan Gua Maria

265
0
BERBAGI
Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Kelurahan Maluhu, Kabupaten Kutai Kartanegara, mulai serius mengembangkan potensi wisata di wilayahnya. Ada dua destinasi wisata baru yang sedang disiapkan, yaitu Waduk Sumberejo dan Gua Maria.

“Waduk Sumberejo itu viewnya sangat bagus dan lokasinya sangat strategis, saya yakin itu bisa menjadi potensi wisata yang bagus,” kata Lurah Maluhu, Tri Joko Sukuco, Kamis (26/10/2023).

Waduk Sumberejo memiliki luas sekitar lima hektare dengan lebar 30 meter.
Tri Joko mengatakan bahwa waduk tersebut sudah pernah diusulkan ke Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara untuk dikembangkan sebagai tempat wisata air.

“Kami sudah komunikasi dengan Dispar. Kami koordinasikan terus agar cepat dikembangkan,” ujarnya.

Selain Waduk Sumberejo, Tri Joko juga menyebut Gua Maria sebagai destinasi wisata religi yang unik dan menarik. Gua tersebut merupakan tempat ibadah umat Katolik yang sudah banyak dikunjungi oleh peziarah dari berbagai daerah.

“Nah, dari teman-teman Nusa Tenggara Timur itu rata-rata kesana. Bahkan ada tokoh-tokoh nasional sudah berkunjung kesana. Seperti, mantan Wali Kota Solo Pak FX Hadi Rudyatmo,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan umat Katolik setempat untuk mengembangkan potensi wisata religi di Gua Maria. Salah satu terobosannya adalah melaksanakan ibadah secara rutin dan berkala yang mendatangkan banyak umat.

Dirinya menambahkan bahwa Gua Maria memiliki cerita inspiratif di balik pembuatannya. Menurutnya, pendeta yang membangun gua tersebut bermimpi untuk membuat tempat ibadah di sana.

“Ada ceritanya juga katanya salah satu pendeta disitu bermimpi untuk disuruh membuat gua tersebut. Jadi memang ada storiesnya,” katanya.

Tri Joko berharap bahwa dengan adanya dua destinasi wisata baru tersebut, masyarakat Maluhu bisa mendapatkan manfaat ekonomi dan sosial. Ia juga mengajak masyarakat untuk mendukung pengembangan pariwisata di wilayahnya dengan menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

“Kami sudah dua kali buat event di Waduk. Pertama lomba mancing yang luar biasa meriahnya. Terus yang kedua event voli. Kami ingin menunjukkan bahwa Maluhu punya potensi wisata yang bisa dikembangkan,” katanya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here