Beranda Daerah Desa Sebulu Ulu Butuh Bantuan untuk Mengembangkan SDM dan Ekonomi

Desa Sebulu Ulu Butuh Bantuan untuk Mengembangkan SDM dan Ekonomi

99
0
BERBAGI
Desa Sebulu Ulu Butuh Bantuan untuk Mengembangkan SDM dan Ekonomi

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Desa Sebulu Ulu, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki potensi untuk berkembang di bidang pertanian, perikanan, dan peternakan. Namun, desa ini masih menghadapi berbagai kendala, terutama dalam hal sumber daya manusia (SDM) dan modal usaha.

Kepala Desa Sebulu Ulu, Zul Haidir, mengatakan bahwa ia berharap ada bantuan dari pemerintah atau pihak lain untuk meningkatkan kualitas SDM, khususnya pemuda desa. Ia menilai bahwa pemuda desa masih kurang memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk mengelola usaha di bidang pertanian, perikanan, dan peternakan.

“Harapan kedepannya untuk sumber daya manusia untuk pemudanya, memberikan berbagai macam pelatihan,” kata Zul Haidir, Sabtu (4/11/2023).

Zul Haidir mencontohkan, beberapa waktu lalu, desanya pernah mendapatkan bantuan ternak ayam telur dan perikanan dari pemerintah. Namun, bantuan tersebut tidak berjalan dengan baik, karena sistem pembagian hasil dan pengembalian modal tidak jelas.

“Keramba juga tidak berkembang, nah artinya setelah panen habis, tidak diputar lagi,” ujarnya.

Untuk itu, ia berencana untuk membentuk satu kelompok usaha terlebih dahulu, yang akan dibantu dengan pelatihan dan bimbingan untuk mengembangkan usaha mereka. Ia berharap, dengan cara ini, usaha-usaha di desanya tidak hanya sekali jalan, tetapi bisa berkelanjutan dan meningkatkan ekonomi warga.

“Kami harapkan bantuan berupa apa saja untuk warga kami agar bisa maju dan berkembang untuk meningkatkan ekonomi warga kami,” tutupnya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here