Beranda Daerah Petani Padi di Desa Sumber Sari Kutai Kartanegara Hadapi Kendala Air dan...

Petani Padi di Desa Sumber Sari Kutai Kartanegara Hadapi Kendala Air dan Pupuk

182
0
BERBAGI
Kepala Desa Sumber Sari, Sutarno

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Petani padi di Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, menghadapi kendala utama dalam mengelola lahan pertanian mereka, yaitu ketersediaan air dan pupuk. Mereka tidak memiliki sistem irigasi yang memadai dan hanya mengandalkan curah hujan yang tidak menentu. Selain itu, biaya operasional yang tinggi dan keterbatasan pupuk subsidi juga menjadi masalah bagi mereka.

Kepala Desa Sumber Sari, Sutarno, mengatakan bahwa pemerintah kabupaten telah memberikan bantuan berupa pupuk, bibit, kapur, dan alat-alat pertanian lainnya kepada petani di desanya.

“Alhamdulillah, bantuan pemerintah kabupaten sangat membantu. Petani kita sangat terbantu dari bantuan tersebut,” ujar Sutarno, Minggu (5/11/2023).

Sutarno menambahkan bahwa mesin panen sudah cukup tersedia di desanya, namun mesin tanam masih jarang digunakan oleh petani.

“Sistem tanam padi kita masih manual karena ada buruh tani yang dibayar. Jadi masih ada kearifan lokalnya,” katanya.

Menurut Sutarno, petani padi di desanya masih didominasi oleh generasi tua yang masih semangat bertani. Namun, regenerasi petani padi agak sulit karena anak-anak muda kurang tertarik.

“Untuk hortikultura masih mau anak-anak mudanya. Juga sudah dilakukan pelatihan. Tapi di sektor tanam pangan ini memang harus ada pelatihan lebih buat anak muda,” tuturnya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here