Beranda Daerah Tiga Desa di Kukar Jadi Role Model Desa Bebas Stunting

Tiga Desa di Kukar Jadi Role Model Desa Bebas Stunting

188
0
BERBAGI
pencanangan Desa Samboja Kuala sebagai role model D’Best (Desa Bebas Stunting)

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menetapkan tiga desa sebagai role model desa dan kelurahan D’Best (Desa bebas stunting) tahun 2023. Tiga desa tersebut adalah Desa Giri Agung, Desa Loa Janan Ulu, dan Desa Samboja Kuala.

Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin melakukan pencanangan Desa Samboja Kuala sebagai role model D’Best di Balai Pertemuan Umum Kantor Desa setempat, Rabu (8/11/2023). Ia mengatakan, program pengentasan kemiskinan dan bebas stunting merupakan bagian dari program Kukar Idaman yang melibatkan lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Rendi Solihin

“Kolaborasi ini penting sehingga bisa memaksimalkan pengentasan kemiskinan dan penurunan angka stunting di Kukar sesuai target yang diharapkan,” ungkap Rendi.

Rendi menyampaikan kabar baik bahwa angka stunting di Kukar sampai bulan September 2023 mengalami penurunan yang signifikan, dari 27 persen menjadi di bawah 15 persen. Namun, ia belum bisa merilis data resmi karena masih menunggu kementerian kesehatan.

“Dari info yang kami dengar dari 27 persen sudah di bawah 15 persen, kita tunggu release-nya kementerian kesehatan Desember nanti,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kukar Adinur mengatakan, tiga desa yang ditetapkan sebagai role model D’Best akan menjadi contoh bagi desa dan kelurahan lain di Kukar. Ia menambahkan, tidak semua kondisi fisik kecil pendek itu stunting, karena stunting hanya bisa diketahui setelah dilakukan pemeriksaan mendalam oleh dokter spesialis anak.

“Kenapa stunting itu penting, karena dampak jangka pendek dan panjangnya cukup mengkhawatirkan kita semua,” ujarnya.

Pada acara tersebut, Rendi Solihin juga menyerahkan alat peraga stunting kepada kepala Desa Samboja Kuala dan bantuan freezer kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).(Adv/Prokom Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here