Beranda Daerah Bupati Kukar : MTQ Bukan Sekedar Lomba, Tapi Syiar Agama

Bupati Kukar : MTQ Bukan Sekedar Lomba, Tapi Syiar Agama

84
0
BERBAGI
Bupati Kukar, Edi Damasyah Membuka Acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-44 tingkat kabupaten di Lapangan Sepakbola Kota Bangun III

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-44 tingkat kabupaten di Lapangan Sepakbola Kota Bangun III, Kecamatan Kota Bangun Darat, Jumat (10/11/2023) Kemarin. Kegiatan ini diikuti oleh 20 kecamatan yang ada di Kukar, dengan berbagai cabang lomba.

Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya mengatakan, MTQ bukan hanya sekedar lomba, tapi juga syiar agama, syiar Islam, dan syiar Quran. Ia berharap, melalui MTQ, dapat meningkatkan pemahaman dan pengamalan Alquran di kalangan umat Muslim di Kukar.

“Kepada para camat, agar menanamkan dengan baik bahwa momentum MTQ ini harus terpatri di pikiran dan sanubari. Jika kecamatan yang dipimpin belum ada prestasi yang dicapai, maka itu harus dijadikan motivasi dan dorongan untuk giat melakukan pembinaan tilawatil Quran di wilayahnya. Jangan sampai pelaksanaan MTQ ini hanya melepaskan tanggung jawab semata, namun harus lebih dari itu,” tegas Edi.

Edi juga mengingatkan, bahwa Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) tingkat kecamatan dan kabupaten tidak hanya bertugas menyelenggarakan MTQ, tapi juga mendorong dan mengembangkan pembinaan tilawatil Quran di daerahnya. Ia mengapresiasi prestasi yang telah diraih oleh Kukar dalam bidang tilawatil Quran, yaitu enam kali berturut-turut menjadi juara umum MTQ tingkat provinsi.

“Untuk itu, kita harus konsisten dalam melakukan pembinaan tilawatil Quran di Kukar agar terus meningkat,” kata Edi.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan oleh masyarakat Kukar. Ia menjanjikan, program 1 desa 1 hafiz Quran akan terus ditingkatkan dengan memberikan beasiswa kepada hafiz dan hafizah yang berprestasi untuk meneruskan pendidikannya. Begitu pula dengan program dai masuk desa, akan terus dilakukan dalam melakukan pembinaan agama di desa-desa.

Sementara itu, Camat Kota Bangun Darat Zulkifli mengatakan, sebagai kecamatan baru, Kota Bangun Darat masih terus membangun dan berkembang. Namun, ia merasa bangga bisa terpilih menjadi tuan rumah MTQ ke-44 tingkat kabupaten.

“Kami akan terus berusaha memberikan yang terbaik bagi terlaksananya kegiatan MTQ ini untuk terus memajukan syiar agama Islam dalam memperdalam membaca Alquran sebagai pedoman kehidupan kita semua,” ucapnya.

Ia juga mengucapkan selamat datang kepada semua kafilah dari 19 kecamatan di Kukar yang hadir di Kota Bangun Darat.

“Selamat bertanding dan junjung terus sportivitas serta jalin terus tali silaturahmi antar kecamatan agar bisa seiring dalam memajukan MTQ di Kukar untuk melahirkan generasi Qurani,” harapnya.

Pembukaan MTQ ke-44 tingkat kabupaten ditandai dengan penabuhan gimar diiringi dengan letusan kembang api oleh Bupati Kukar Edi Damansyah bersama Sekretaris Daerah sekaligus Ketua Umum LPTQ Kabupaten Kukar H Sunggono, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kukar H Nasrun, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kukar KH Abdul Hanan, Ketua Harian LPTQ Kabupaten Kukar Akhmad Taufik Hidayat, dan Dewan Pengawas MTQ ke-44 H Chairil Anwar. (Adv/Prokom Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here