Beranda Daerah Pemkab Kukar Kuatkan Sektor Pertanian dengan Bantuan Alsintan

Pemkab Kukar Kuatkan Sektor Pertanian dengan Bantuan Alsintan

154
0
BERBAGI
Wakil Bupati Kukar H Rendi Solihin Serahkan Bantuan kepada 43 Kelompok Tani (Poktan) se-Kecamatan Samboja dan Samboja Barat

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) merupakan salah satu lumbung pangan di wilayah Kalimantan Timur. Untuk itu, sektor pertanian menjadi fokus utama Pemerintah Daerah (Pemda) Kukar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemda Kukar adalah memberikan bantuan sarana produksi pertanian berupa Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) kepada para petani.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Kukar H Rendi Solihin kepada 43 Kelompok Tani (Poktan) se-Kecamatan Samboja Barat dan Samboja, di Kelurahan Salok Api Darat, Senin (13/11/2023).

Alsintan yang diberikan meliputi traktor, pompa air, hand sprayer, dan mesin pengolah tanah. Bantuan ini diharapkan dapat mempermudah para petani dalam mengelola lahan pertanian mereka, serta meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil panen.

H Rendi Solihin mengatakan, Pemda Kukar sangat memahami kebutuhan para petani, yang terdiri dari tiga hal utama, yaitu infrastruktur pertanian, pupuk, dan alsintan. Ketiga hal ini, kata dia, sudah mulai terpenuhi secara bertahap oleh Pemda Kukar.

“Kami memilih memberikan bantuan alsintan karena kami sadar bahwa petani kita rata-rata sudah berusia lanjut. Dengan adanya alsintan, mereka bisa lebih mudah dan cepat dalam menggarap sawah mereka,” ujar Rendi.

Ia juga menekankan bahwa sektor pertanian memiliki prospek yang sangat menjanjikan di masa depan, mengingat sumber daya alam lain seperti gas, minyak, dan batu bara akan habis suatu saat. Oleh karena itu, ia mengajak generasi muda Kukar untuk tertarik dan terlibat dalam dunia pertanian.

“Sektor pertanian tidak akan pernah mati. Ini bisa menjadi penopang perekonomian kita di masa depan. Saya harap anak-anak muda Kukar bisa melihat peluang ini dan berani menjadi petani yang modern dan mandiri,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Samboja Barat, Burhanuddin, mengucapkan terima kasih kepada Pemda Kukar yang sudah memberikan bantuan alsintan kepada Poktan di wilayahnya.

Ia berharap, bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para petani dan memberikan dampak positif bagi pengembangan sektor pertanian di Kecamatan Samboja Barat.

“Saya minta kepada para penerima bantuan untuk menjaga dan merawat alsintan yang sudah diberikan. Jangan sampai alsintan ini tidak terpakai atau rusak. Mari kita bersama-sama memajukan sektor pertanian di Kukar,” pungkas Burhanuddin.

Pemberian bantuan ini disaksikan langsung oleh Camat Samboja Barat, Burhanuddin, Camat Samboja, Damsik dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kecamatan Samboja Barat.(Adv/Prokom Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here