Beranda Daerah Bupati Kukar Bersama Kapolda Kaltim Tanam 500 Pohon di Yayasan BOSF

Bupati Kukar Bersama Kapolda Kaltim Tanam 500 Pohon di Yayasan BOSF

144
0
BERBAGI
Menjaga kelestarian lingkungan, Pemkab Kukar Bersama Jajaran Polda Kaltim melakukan penanaman 500 pohon di kawasan Yayasan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF)
puluhan Peserta Lembuswana Adventure Challenge 2023 se-Kaltim Siap Tampil

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, Polda Kaltim bersama Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan penanaman 500 pohon di kawasan Yayasan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) Samboja Lestari, Rabu (15/11/23). Kegiatan ini merupakan bagian dari program penanaman 10 juta bibit pohon secara serentak di seluruh Indonesia yang diinisiasi oleh Kapolri.

Penanaman pohon ini dihadiri oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto, Bupati Kukar Edi Damansyah, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid, Manager Regional Kaltim Yayasan BOSF dr. Aldrianto Priadjati, serta tokoh masyarakat dan agama. Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan secara virtual dengan Kapolri dan Kapolda lainnya di Indonesia.

Bupati Kukar, Drs. Edi Damansyah Bersama Kapolda Kaltim, Irjen Pol Nanang Avianto

Irjen Pol Nanang Avianto mengatakan bahwa penanaman pohon ini adalah langkah mitigasi antisipasi bencana El Nino yang berdampak pada perubahan iklim. “Hal ini tidak hanya sebatas seremoni saja tetapi upaya kita bersama menjaga kelestarian lingkungan sebagai bentuk tanggung jawab bersama,” ungkap Irjen Pol Nanang.

Sementara itu, Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan apresiasinya kepada Polda Kaltim yang telah memilih Kabupaten Kukar sebagai lokasi penanaman pohon. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini sejalan dengan program Kukar Idaman Ku yang bertujuan menanam 1 juta pohon sebagai upaya pembangunan berwawasan lingkungan.

“Kami akan terus melaksanakan penanaman pohon ini di 20 kecamatan yang ada di Kukar, terutama di kawasan lahan-lahan kritis yang merupakan bekas pertambangan batu bara. Kami berharap program penghijauan ini dapat meningkatkan kualitas lingkungan dan kesejahteraan masyarakat,” tutur Edi.

Penanaman pohon di kawasan Yayasan BOSF Samboja Lestari ini meliputi tanaman keras dan tanaman buah-buahan. Kawasan ini merupakan salah satu pusat rehabilitasi orangutan yang terancam punah akibat perburuan dan perusakan habitat. Dengan adanya penanaman pohon ini, diharapkan dapat membantu pelestarian orangutan dan keanekaragaman hayati lainnya.(Adv/Prokom Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here