Beranda Daerah Bupati Kukar Panen Semangka di Desa Menamang Kanan Kec. Muara Kaman

Bupati Kukar Panen Semangka di Desa Menamang Kanan Kec. Muara Kaman

128
0
BERBAGI
Bupati Kukar, Edi Damansyah Panen Semangka di Desa Menamang Kanan, Muara Kaman

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Mahmudi dan Syaiful, Ketua Kelompok Tani Mekar Jaya Desa Menamang Kanan Kecamatan Muara Kaman. Mereka telah berhasil menjadikan desa mereka sebagai penghasil semangka dan panen untuk kedua kalinya.

Edi mengungkapkan hal itu saat panen semangka bersama kelompok tani di Desa Menamang Kanan. Ia mengatakan bahwa pemerintah Kukar saat ini fokus pada sektor pertanian, karena 38 persen penduduk Kukar bermata pencaharian di bidang itu.

Bupati Kukar, Edi Damansyah Panen Semangka di Muara Kaman

“Oleh karena itu, hari ini saya memilih datang ke Desa Menamang, karena saya memiliki keinginan agar desa ini memiliki tren tersendiri. Ini berkat kerja keras Mahmudi, Syaiful, dan teman-teman lainnya,” kata Edi, Sabtu (18/11/2023).

Menurutnya, pengembangan semangka di Desa Menamang cukup cerah dan menjanjikan. Ia berharap peran kepala desa dalam mengatur dan membentuk kelompok tani yang terdiri dari anak-anak muda Menamang Kanan dan Menamang Kiri. Mereka harus bergabung di kawasan ini, belajar, dan merubah budaya kerja agar lebih fokus.

Dirinya berharap agar segera dibentuk kelompok tani yang terdiri dari 10 atau 15 orang anak-anak muda untuk dilatih dan didik menjadi petani milenial, khususnya petani semangka. Ia mengatakan bahwa saat ini Desa Menamang sudah dikenal sebagai penghasil buah semangka.

“Saat ini saya belum merasa bangga datang ke sini. Saya akan merasa bangga jika datang ke sini lagi dan panen semangka bersama kelompok tani anak-anak muda di Desa Menamang Kanan dan Kiri,” harap Edi.

Sementara itu, Kepala Desa Menamang Kanan Hamri menyambut baik dan berterima kasih atas kunjungan Bupati dan rombongan. Ia juga berharap kepada PT Segar Tani Jaya agar dapat membantu untuk meningkatkan atau mengeraskan badan jalan tani yang menuju area perkebunan semangka.

“Semoga sesuai dengan harapan Bupati, masyarakat di Desa Menamang Kanan ini dapat ikut berkebun semangka. Kami dari pihak desa siap mendukung itu,” ucap Hamri.

Turut hadir dalam panen semangka tersebut Kadis Ketahanan Pangan Pertanian M Taufik, Kadis Perikanan Muklis, Camat Muara Kaman Barliang, Perwakilan dari Pimpinan PT Segar Tani Jaya, Para Kepala Desa dan RT, serta para anggota Kelompok Tani Mekar Jaya.(Adv/Prokom Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here