Beranda Daerah Diskominfo Kukar Gelar DIA 2023, Apresiasi Inovasi Digital di Pelayanan Publik

Diskominfo Kukar Gelar DIA 2023, Apresiasi Inovasi Digital di Pelayanan Publik

58
0
BERBAGI
Puncak Digital Idaman Award (DIA) Tahun 2023. Bertempat di Gedung Putri Karang Melenu Tenggarong Seberang rabu, 22 Nopember 2023

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Dalam rangka mendorong penggunaan digitalisasi dalam layanan publik, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar acara Malam Puncak Digital Idaman Award (DIA) Tahun 2023. Acara yang berlangsung di Gedung Putri Karang Melenu Tenggarong Seberang pada Rabu malam, 22 November 2023, ini merupakan bentuk apresiasi terhadap pihak-pihak yang berhasil mengembangkan inovasi digital berdaya guna tinggi bagi masyarakat.

Kepala Dinas Kominfo Kukar, Dafip Haryanto, mengatakan bahwa DIA memiliki tujuan strategis dalam mewujudkan reformasi birokrasi.

Kadis Kominfo Kukar, Dafip Haryanto

“Inisiatif ini bertujuan mendorong penggunaan digitalisasi dalam layanan publik di seluruh perangkat daerah Kabupaten Kukar,” ujar Dafip.

Menurutnya, transformasi digital di setiap aspek pelayanan publik diharapkan menjadi kunci keberhasilan, langsung dirasakan oleh masyarakat. Ia menambahkan bahwa DIA juga memberikan ruang bagi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) untuk memanfaatkan digitalisasi, memungkinkan mereka berperan aktif dalam menyediakan informasi cepat, tepat, akurat, dan akuntabel mengikuti era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi.

Kategori penghargaan DIA mencakup Pengelolaan Website Terbaik, Media Sosial Terbaik, dan SPan Lapor Terbaik untuk perangkat daerah. Sementara itu, masyarakat juga mendapatkan penghargaan melalui KIM Kukar dan Pemenang Hackathon Terbaik 2023.

Proses penilaian yang dimulai sejak 10 November melibatkan Diskominfo Kukar dan juri DIA. Sebanyak 59 website dari perangkat daerah dievaluasi untuk memastikan update data, penyebaran informasi publik yang optimal, dan tampilan web yang menarik.

Bupati Kukar, Edi Damansyah, mengapresiasi upaya Diskominfo Kukar dalam mendorong digitalisasi. Menurutnya, ini merupakan kemajuan positif yang memperbaiki penyelenggaraan pemerintahan.

Bupati Kukar, Edi Damansyah Berikan Sambutan

Bupati menyatakan bahwa evaluasi dan konsistensi dalam menghadapi perubahan digital sangat penting. Program DISAPA (Digitalisasi Pelayanan Publik) mendapatkan apresiasi nasional, menandakan ketersediaan SDM yang handal dan daya saing yang tidak kalah.

Ia menekankan perlunya menjaga konsistensi dalam melaksanakan pemerintahan dengan model yang lebih cepat dan efisien melalui digitalisasi.

“Ini harus kita pertahankan dan harus dijaga dengan konsisten bahwa hari ini penyelenggaraan pemerintahan itu tidak bisa kita laksanakan dengan model tradisional. Masyarakat menginginkan lebih cepat dan pelayanan yang lebih baik, ya salah satunya adalah melalui digitalisasi,” ujar Edi.

Malam Puncak DIA Tahun 2023 tidak hanya merayakan inovasi digital namun juga menjadi momentum untuk mendorong Kabupaten Kutai Kartanegara menuju pelayanan publik yang semakin modern, efisien, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Berikut daftar lengkap pemenang Digitalisasi Idaman Award Tahun 2023:

Kategori Pemenang Pengelolaan Website OPD
1. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
2. Dinas Perhubungan
3. Dinas Pendapatan Daerah

Pengelolaan Media Sosial OPD
1. Dinas Kesehatan
2. Sekretariat Daerah
3. RSUD AM Parkesit

Pejabat Pengelolaan Informasi Daerah (PPID)
1. RSUD AM Parikesit
2. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu pintu
3. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan

Pengelolaan SP4N Lapor
1. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
2. Dinas Sosial
3. Dinas Pekerjaan Umum

Video Komunitas Informasi Masyarakat (KIM)
1. KIM Jahetan Layar
2. KIM Catam
3. KIM Mutiara Borneo
Terbaik Harapan : KIM Motivasi WKG Apresiasi : KIM Fest

Hackathon
1. Kebanggaan Mama
2. ANKCode
3. Zero Team

Semoga penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus berinovasi dan berkreasi dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas.(ad/aam)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here