Beranda Daerah Bank Indonesia Provinsi Kaltim siap Rp. 4,77 triliun penukaran uang Lebaran

Bank Indonesia Provinsi Kaltim siap Rp. 4,77 triliun penukaran uang Lebaran

74
0
BERBAGI

Samarinda, Kalimantan Timur – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur (KPwBI Kaltim) dan Bank Indonesia Balikpapan telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp4,77 triliun untuk penukaran uang baru menyambut Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H.

Hal itu dilakukan sebagai bagian dari strategi pemenuhan kebutuhan penukaran pecahan uang kepada masyarakat selama bulan Ramadan dan Idulfitri, Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Timur telah menginisiasi acara Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idulfitri 2024 (SERAMBI), dengan tema ‘Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah’.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan BI Kaltim Budi Widihartanto, di Samarinda, Senin (18/3/2024), tahun ini layanan penukaran uang tunai kepada masyarakat tetap difokuskan melalui loket di perbankan. Oleh karena itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur (KPwBI Kaltim) dan Bank Indonesia Balikpapan telah bekerjasama dengan 208 kantor perbankan dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan telah bekerjasama dengan 135 kantor perbankan, dengan total di kalimantan timur telah dibuka 343 kantor perbankan tersebut tersebar dalam 10 kabupaten/kota.

Layanan penukaran uang sendiri menurut Budi Widihartanto dimulai dari tanggal 18 Maret hingga 5 April 2024 dengan tetap menyesuaikan jam layanan operasional masing-masing perbankan yang melakukan kerja sama.

Dari 343 kantor perbankan yang menjadi titik penukaran uang tersebut diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk menukarkan uang di lokasi penukaran yang resmi, sehingga dapat meminimalisir peredaran uang palsu dan pungutan biaya yang tidak dibenarkan, seperti penukaran ilegal yang kerap dilakukan di sejumlah ruas jalan.

Selain itu, Bank Indonesia Kaltim juga melayani penukaran melalui mobil kas keliling pada sejumlah wilayah strategis di Kota Samarinda, juga dimulai dari 18 Maret hingga 5 April dengan jam layanan pukul 10.00-12.00 WITA.

Sedangkan untuk melakukan penukaran uang lewat Bank Indonesia Kaltim, masyarakat harus melakukan pendaftaran melalui laman PINTAR (https://pintar.bi.go.id) sampai dengan hari H kegiatan layanan penukaran, selama kuota masih tersedia.

” Bank Indonesia Kaltim juga bekerja sama dengan perbankan di Samarinda membuka layanan penukaran uang bersama, yakni di Samarinda Square di Jalan M Yamin, Kota Samarinda yang akan beroperasi pada 1-5 April pukul 10.00 – 14.00 WITA,” pungkas Budi Widihartanto. (AdminPena)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here