Beranda Daerah Sinergi Pusat dan Desa Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan Muara Muntai Ilir

Sinergi Pusat dan Desa Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan Muara Muntai Ilir

32
0
BERBAGI
Kepala Desa Muara Muntai Ilir, Arifadin Nur saat diwawancara awak media

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Pemerintah Desa (Pemdes) Muara Muntai Ilir bersinergi dengan program pusat untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan di wilayahnya.

Kepala Desa (Kades) Muara Muntai Ilir, Arifadin Nur, menjelaskan bahwa program ini bernama “penguatan ekonomi berbasis kerakyatan”.

Program ini merupakan kolaborasi pemerintah pusat, daerah, dan desa untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan.
“Anggaran program ini berasal dari dana desa (DD) dan digunakan untuk membantu sandang pangan para nelayan,” ujar Arifadin pada Kamis (4/4/2024).

Sinergi ini dilakukan untuk mengawal program berbasis ekonomi kerakyatan tersebut agar tepat sasaran dan memberikan manfaat nyata bagi para nelayan, baik nelayan budidaya maupun nelayan tradisional.

“Program ini sudah berjalan selama dua tahun dan telah memberikan dampak positif bagi para nelayan,” ungkapnya.

Hingga saat ini, Pemdes telah menyalurkan 40 kotak keramba kepada para nelayan untuk budidaya ikan mas dan nila.

Pada tahun ini, pemerintah juga akan merealisasikan bantuan berupa bibit dan pakan untuk membantu para nelayan dalam kegiatan budidaya mereka.

Masyarakat nelayan menyambut program ini dengan antusias karena program ini memberikan dampak positif bagi mereka.

“Dengan program ini, nelayan mendapatkan bibit gratis dan bantuan keramba, sehingga mereka dapat lebih fokus pada kegiatan budidaya ikan,” jelasnya.

Arifadin menambahkan bahwa program ini sejalan dengan RPJM Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dan membawa desa ke arah yang lebih baik.

Dengan sinergi program ini, diharapkan kesejahteraan para nelayan di Muara Muntai Ilir dapat semakin meningkat dan mereka dapat hidup lebih sejahtera. (Adv/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here