Beranda Daerah Dispar Kukar Luncurkan Program Sertifikasi Pemandu Wisata, Target Semua Pokdarwis Tersertifikasi

Dispar Kukar Luncurkan Program Sertifikasi Pemandu Wisata, Target Semua Pokdarwis Tersertifikasi

35
0
BERBAGI
Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dispar Kukar, Ridha Fatrianta saat diwawancara awak media

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) meluncurkan program sertifikasi bagi para pemandu wisata yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi wisatawan yang berkunjung ke Kukar.

Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dispar Kukar, Ridha Fatrianta, menjelaskan bahwa program sertifikasi ini merupakan bagian dari upaya Dispar untuk meningkatkan standar layanan wisata di Kukar.

“Dengan tersertifikasinya para pemandu wisata, mereka diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan profesional kepada wisatawan,” ujar Ridha, Jumat (19/4/2024).

Ridha menambahkan bahwa program ini juga diharapkan dapat membantu Dispar dalam mengembangkan wisata di Kukar agar lebih baik lagi.

“Kita sadar bahwa pengembangan pariwisata dari pemerintah itu perlu lebih banyak keterlibatan peran serta peran dari masyarakat,” imbuhnya.

Proses pemberian sertifikasi masih pada tahap pendataan, untuk mengetahui Pokdarwis mana yang bisa terdaftar di Badan Sertifikasi Nasional.

“Kita data terlebih dahulu, tapi targetnya semua yang mengikuti adalah Pokdarwis yang tersertifikasi,” ucapnya.
Dispar juga akan berkomitmen untuk terus melakukan pendampingan kepada para Pokdarwis.
Program sertifikasi pemandu wisata Pokdarwis ini merupakan langkah positif yang dilakukan oleh Pemkab Kukar untuk meningkatkan kualitas pariwisata di Kukar. Diharapkan program ini dapat memberikan manfaat bagi para pemandu wisata, Pokdarwis, wisatawan, dan tentunya bagi pengembangan pariwisata di Kukar secara keseluruhan. (Adv/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here