Beranda Daerah Libur Lebaran, Kunjungan Wisata di Kukar Meningkat, Pantai Tanah Merah Jadi Penyumbang...

Libur Lebaran, Kunjungan Wisata di Kukar Meningkat, Pantai Tanah Merah Jadi Penyumbang PAD Terbesar

29
0
BERBAGI
Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dispar Kukar, Ridha Fatrianta saat diwawancara awak media

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Libur Lebaran tahun 2024 membawa berkah bagi sektor pariwisata di Kutai Kartanegara (Kukar). Beberapa objek wisata yang dikelola oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar mengalami peningkatan jumlah pengunjung.

Menurut Kabid Pengembangan Dispar Kukar, Ridha Fatrianta, pada periode libur lebaran 11 hingga 15 April 2024, total pengunjung objek wisata yang dikelola Dispar Kukar mencapai 21.392 orang. Hal ini menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 218.810.000.

“Pantai Tanah Merah di Samboja menjadi penyumbang PAD terbesar dari sektor wisata yang dikelola Dispar Kukar,” ujar Ridha, Jumat (19/4/2024).

Ridha menambahkan bahwa objek wisata yang dikelola swasta juga memberikan kontribusi pajak untuk PAD Kukar melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kukar.

“Kami berikan apresiasi dan terima kasih kepada pengelola wisata swasta yang turut membantu meningkatkan PAD Kukar,” tuturnya.

Dispar Kukar memiliki rencana untuk meningkatkan sektor pariwisata di Kukar. Salah satunya dengan memberikan fasilitas kepada pengelola wisata swasta untuk membuat aplikasi pembayaran parkir online agar pendapatan masuk ke kas negara.

Selain itu, Dispar Kukar juga akan melakukan pembenahan dan renovasi fasilitas di sejumlah objek wisata yang dikelola langsung oleh Dispar Kukar.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan Dispar Kukar, diharapkan sektor pariwisata di Kukar dapat semakin berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi PAD Kukar. (Adv/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here