Beranda Daerah Harga Komoditas di Kukar Masih Tinggi Pasca Lebaran, Inflasi Jadi Perhatian

Harga Komoditas di Kukar Masih Tinggi Pasca Lebaran, Inflasi Jadi Perhatian

52
0
BERBAGI
Kepala Bagian Perekonomian Setda Kukar, Haryo Martani saat mengikuti rakor pengendalian inflasi daerah bersama Mendagri

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Harga beberapa komoditas di Kukar masih mengalami kenaikan pasca Lebaran, lebih dari dua pekan setelah hari raya. Hal ini menjadi isu nasional karena kenaikan harga terjadi di beberapa wilayah.

Komoditas yang mengalami kenaikan signifikan adalah daging sapi, bawang merah, dan bawang putih. Kepala Bagian Perekonomian Setda Kukar, Haryo Martani, mengungkapkan bahwa bawang merah menjadi satu-satunya komoditas yang harganya di Kukar lebih tinggi dibandingkan harga nasional.

“Harga beras masih stabil, komoditas lain masih di bawah harga nasional, hanya bawang merah yang naik,” ujar Haryo, Senin (22/4/2024).

Haryo menjelaskan bahwa inflasi di Kukar terutama disebabkan oleh kenaikan harga pangan dan transportasi. Hal ini sesuai dengan tren inflasi nasional yang dipantau oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Menurut Haryo, untuk mengatasi inflasi dan kelangkaan bahan pangan, perlu dilakukan kerja sama dengan daerah lain yang memiliki surplus produksi. Selain itu, upaya pengendalian inflasi harus dilakukan secara menyeluruh, tidak hanya di hilir.

“Kita bisa meningkatkan produksi, melakukan perencanaan produksi yang matang, sehingga saat panen harga pangan bisa turun,” tuturnya.

Haryo berharap tim pengendali inflasi di daerah terus berupaya menjaga inflasi di bawah angka standar nasional dan provinsi.

“Dengan inflasi yang terkendali, masyarakat di Kukar akan memiliki daya beli yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari,” pungkasnya. (Adv/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here