Beranda Daerah DPMD Kukar Kirimkan 3 Produk TTG Unggulan ke Samarinda

DPMD Kukar Kirimkan 3 Produk TTG Unggulan ke Samarinda

41
0
BERBAGI
Kepala Dinas PMD Kukar, Arianto saat berada di depan stand peserta TTG asal Kukar

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berpartisipasi dalam Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang diadakan di Hotel Puri Senyiur Samarinda. Rabu (24/4/2024).

Kukar mengirimkan tiga produk TTG terbaiknya, yaitu:
• Alat pembuat pupuk organik cair dan pupuk organik limbah dari Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang.
• Mesin pembuat paving blok dari Desa Suka Maju, Kecamatan Tenggarong Seberang.
• Alat pengipil jagung miniatur dari Desa Buana Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang.

Kepala DPMD Kukar, Arianto, berharap produk-produk TTG ini dapat bermanfaat bagi para petani dan pemerintah daerah lainnya di Kaltim.

“Mudah-mudahan TTG ini bisa diterima oleh para petani ataupun pemerintah daerah yang lain bisa memesan dari produsen TTG di kita,” ujar Arianto.

Salah satu produk unggulan yang dipamerkan adalah alat pengipil jagung hasil modifikasi dari Desa Buana Jaya. Alat ini lahir dari kekecewaan petani terhadap alat pengipil jagung pabrikan yang tidak efektif.

“Petani tersebut kemudian berinisiatif untuk mempelajari cara kerja alat pengipil jagung pabrikan. Dengan tekad dan keuletan, dia akhirnya berhasil menemukan cara untuk memodifikasi alat tersebut sehingga menjadi lebih efektif dan efisien,” ucap Arianto.

Alat pengipil jagung hasil modifikasinya ini mampu memisahkan biji jagung dari sisa limbahnya dengan sempurna. Biji jagung tidak lagi rusak, sehingga kualitas hasil panen meningkat.

Lomba TTG ini merupakan ajang bagi daerah-daerah di Kaltim untuk memamerkan inovasi dan teknologi tepat guna yang mereka kembangkan. TTG diharapkan dapat membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi usaha masyarakat, serta menjaga kelestarian lingkungan. (Adv/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here