Beranda Daerah Dua Sekolah di Kukar dan Samarinda Bersinergi Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Dua Sekolah di Kukar dan Samarinda Bersinergi Tingkatkan Kualitas Pendidikan

22
0
BERBAGI

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda menjalin kerjasama penyelenggaraan pendidikan untuk dua Sekolah Dasar (SD), yaitu SD Negeri 005 Muara Badak dan SD Negeri 004 Filial Samarinda Utara.

Kerjasama ini terungkap dalam rapat koordinasi yang diadakan di Hotel Haris Samarinda pada Senin (24/6/2024). Rapat tersebut dipimpin oleh Kabag Kerja Sama Setdaprov Kaltim Agung Masuprianggono dan dihadiri oleh para pejabat terkait dari kedua belah pihak.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Kukar, Akhmad Taufik Hidayat, menjelaskan bahwa kerjasama ini dilatarbelakangi oleh keberadaan aset Pemkab Kukar, yaitu SD Negeri 005 Muara Badak yang terletak di wilayah Pemkot Samarinda dan SD Negeri 004 Filial Samarinda Utara yang berada di wilayah Pemkab Kukar.

“Kerjasama ini bertujuan untuk memberikan Standar Pelayan Minimal (SPM) bidang pendidikan yang berkualitas bagi peserta didik di kedua wilayah, serta menertibkan administrasi penyelenggaraan pendidikan dan mewujudkan kemudahan pelayanan administrasi kepada masyarakat dalam bidang pendidikan,” ujar Akhmad Taufik.

Ia menambahkan bahwa perlu dilakukan pembahasan mendalam terkait draf naskah kerjasama sebelum ditandatangani untuk menghindari permasalahan di kemudian hari.

“Terdapat beberapa hal terkait aset tanah dan bangunan sekolah yang harus diperjelas keberadaannya dengan disertai bukti legalitas,” jelasnya.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkot Samarinda, M. Ridwan Tassa, menyambut baik kerjasama ini dan berharap dapat memberikan dampak positif bagi masa depan anak didik di kedua sekolah.

“Saya berharap kerjasama ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan di kedua sekolah dan memberikan manfaat bagi peserta didik dan masyarakat di kedua wilayah,” ujar M. Ridwan Tassa.

Rapat koordinasi ini menghasilkan kesepakatan untuk mengadakan pertemuan lanjutan guna membahas lebih detail draf naskah kerjasama sebelum dilakukan penandatanganan.

Kerjasama penyelenggaraan pendidikan antara Pemkab Kukar dan Pemkot Samarinda ini merupakan langkah positif dalam mewujudkan sinergi dan kolaborasi antar daerah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kalimantan Timur. Diharapkan kerjasama ini dapat menjadi model bagi daerah lain dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. (Adv/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here