Beranda Daerah Wakil Walikota Samarinda Terkesan dengan Paving Blok Kukar, Langsung Pesan 6.000 Buah

Wakil Walikota Samarinda Terkesan dengan Paving Blok Kukar, Langsung Pesan 6.000 Buah

49
0
BERBAGI
Kepala Dinas PMD Kukar, Arianto saat berada di depan stand peserta TTG asal Kukar

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar) menorehkan prestasi membanggakan dalam Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi Kalimantan Timur. Salah satu produk unggulan Kukar, yaitu paving blok, menarik perhatian Wakil Walikota Samarinda, Rusmadi, yang langsung memesan 6.000 paving blok.

“Tadi ada yang memesan langsung dari Wakil Walikota Samarinda, Pak Rusmadi, yang 6.000 paving blok,” ujar Kepala DPMD Kukar, Arianto, Rabu (24/4/2024).

Paving blok Kukar memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan paving blok lainnya. Harganya lebih terjangkau, mulai dari Rp5.000 hingga Rp10.000 per satuan. Daya tahannya pun lebih tinggi, bahkan lebih tahan lama dibandingkan dengan batako. Paving blok Kukar juga lebih estetik dan dapat digunakan untuk menata rumah atau perkantoran dengan lebih indah.

“Paving blok ini bisa dipesan di Desa Suka Maju, Kecamatan Tenggarong Seberang,” kata Arianto.

Selain paving blok, Kukar juga memiliki produk TTG unggulan lainnya, yaitu alat pengipil jagung dan pupuk organik. Alat pengipil jagung ini masih digunakan di Desa Tenggarong Seberang dan belum dipublikasikan secara luas. Arianto berharap melalui TTG ini, alat pengipil jagung Kukar dapat dikenal lebih luas dan menarik minat pembeli.

Pupuk organik Kukar terbuat dari limbah rumah tangga, limbah ikan, sayuran, dan telur. Pupuk ini dapat menghasilkan dua jenis pupuk, yaitu padat dan cair. Proses pembuatannya pun mudah dan hanya membutuhkan waktu 20 hari fermentasi. Pupuk organik Kukar ini dibuat di Desa Manunggal Jaya.

DPMD Kukar terus berupaya untuk mengembangkan dan mempromosikan produk-produk TTG unggulannya. Pada tahun 2023, DPMD Kukar telah melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada para pelaku TTG di Kukar. Mereka juga menghadirkan pemateri dari Universitas IPB Bogor untuk memberikan pelatihan-pelatihan materi pengembangan TTG. Pada tahun ini, DPMD Kukar juga akan memberikan pelatihan kepada para pelaku yang aktif dalam pengembangan TTG.

“Kami berharap produk-produk TTG Kukar ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan membantu meningkatkan ekonomi lokal,” ujar Arianto. (Adv/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here