Beranda Daerah Otonomi Daerah Kukar Berusia 28 Tahun, Fokus Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat

Otonomi Daerah Kukar Berusia 28 Tahun, Fokus Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat

36
0
BERBAGI
Apel Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28 Kukar di Halaman Kantor Bupati Kukar

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28 Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang mengangkat tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat” berlangsung di Halaman Kantor Bupati Kukar pada Kamis (25/4/2024).

Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten Kukar, Dafip Haryanto, yang membacakan amanat tertulis Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, menyampaikan bahwa tema ini dipilih untuk memperkuat komitmen dan tanggung jawab dalam mengelola sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal.

“Otonomi daerah, yang telah berjalan selama 28 tahun, telah memberikan dampak positif seperti meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan kemampuan fiskal daerah,” ujar Dafip..

Namun, Dafip Haryanto mengingatkan daerah-daerah dengan PAD dan fiskal tinggi namun IPM rendah, angka kemiskinan tinggi, dan akses infrastruktur belum baik, untuk melakukan evaluasi dan memastikan program APBD tepat sasaran, efektif, dan efisien.

“Bagi daerah dengan PAD rendah, Dafip Haryanto mendorong terobosan dan inovasi untuk menggali potensi yang dapat meningkatkan PAD tanpa melanggar hukum dan norma yang ada,” ucapnya.

Lebih lanjut, Tito Karnavian menjelaskan bahwa otonomi daerah telah mencapai tahap kematangan untuk melahirkan terobosan kebijakan bernilai manfaat dalam identifikasi dan perencanaan wilayah-wilayah yang berpotensi dikembangkan secara terintegrasi.

Pengembangan wilayah ini perlu dilakukan dengan pendekatan kebijakan yang berkelanjutan dan implementasi regulasi Ekonomi Hijau, di mana penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pertumbuhan ekonomi dilakukan dengan memperhitungkan aspek keadilan sosial dan pelestarian lingkungan.

Dengan fokus pada Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat, diharapkan otonomi daerah di Kukar dapat terus berkembang dan memberikan manfaat bagi masyarakat secara berkelanjutan. (Adv/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here