Beranda Daerah Si Teda, Maskot Unik Bunga Tegaron Hiasi Pilkada Kukar 2024

Si Teda, Maskot Unik Bunga Tegaron Hiasi Pilkada Kukar 2024

55
0
BERBAGI
KPUD Kukar tunjukkan gambar maskot baru Pilkada 2024 Si Teda

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Semaraknya pesta demokrasi di Kutai Kartanegara (Kukar) semakin meriah dengan kehadiran Si Teda, maskot resmi Pilkada Kukar 2024. Sosok bunga Tegaron (Crataeva Nurvala/Crataeva Adansonii) yang menawan ini, terpilih sebagai pemenang dari lomba desain maskot yang diadakan oleh KPU Kukar.

Lebih dari sekadar maskot biasa, Si Teda merupakan representasi kekayaan alam dan budaya Kukar. Bunga Tegaron, yang menjadi inspirasinya, tidak hanya unik tapi juga merupakan bagian dari kuliner khas Kukar yang ingin dilestarikan dan dikenalkan lebih luas.

Ketua KPU Kukar, Rudi Gunawan telah resmi mengumumkan pemenang maskot Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Sabtu (27/4/2024). Bertempat di Kantor KPU Kukar dan mengungkapkan rasa bangganya atas terpilihnya Si Teda.

“Si Teda bukan hanya sekedar maskot, tetapi juga simbolisasi semangat partisipatif masyarakat Kukar dalam membangun daerahnya,” ujar Rudi.

Pemilihan Si Teda juga diharapkan dapat memperkuat identitas Kukar di kancah yang lebih luas.

“Dengan desain yang unik dan penuh makna, ‘Si Teda’ diharapkan dapat menjadi ikon Kukar yang dikenal di seluruh Indonesia,” jelas Awang M Rifani, Ketua Dewan Juri.

Lebih dari itu, Si Teda juga menjadi pengingat bagi generasi muda untuk terus melestarikan nilai-nilai budaya Kukar.

“Kehadirannya diharapkan dapat membawa angin segar yang penuh keberagaman dan kekayaan budaya bagi Kukar,” ucapnya.

Si Teda merupakan wujud apresiasi KPU Kukar terhadap talenta-talenta lokal, dengan hadiah total Rp 22 juta bagi para pemenang lomba desain.

Maskot ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pilkada Kukar 2024.

Si Teda menjadi simbolisasi pelestarian budaya dan identitas Kukar, serta mempromosikan kekayaan alamnya.

Dengan kehadiran Si Teda, KPU Kukar berharap Pilkada 2024 dapat berjalan dengan semarak, partisipatif, dan penuh dengan nilai-nilai budaya Kukar. Mari kita dukung Si Teda dan sukseskan Pilkada Kukar 2024. (AdminPena)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here