Beranda Daerah 216 Regu Ikuti Gerak Jalan Pelajar dan Guru Idaman di Kukar

216 Regu Ikuti Gerak Jalan Pelajar dan Guru Idaman di Kukar

49
0
BERBAGI
Suasana gerak jalan pelajar dan guru idaman

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Gerak Jalan Pelajar dan Guru Idaman di depan Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Tenggarong, Senin (29/4/2024). Ribuan masyarakat memadati kawasan tersebut untuk menyaksikan kemeriahan acara yang digelar dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada tanggal 5 Mei mendatang.

Kepala Disdikbud Kukar, Thauhid Afrilian Noor melalui Kepala Bidang (Kabid) Kurikulum, Pengembangan Bahasa dan Sastra, Perijinan Pendidikan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Disdikbud Kukar, Joko Sampurno, menyampaikan bahwa kegiatan ini memiliki dua tujuan utama.

“Pertama, untuk memperingati Hardiknas dan meningkatkan keterampilan baris-berbaris bagi peserta didik dan pendidik. Kedua, untuk mengenang kembali jasa pahlawan pendidikan nasional, Ki Hajar Dewantara,” ucap Joko Sampurno.

Lebih lanjut, ia mengatakan Gerak Jalan Pelajar dan Guru Idaman diikuti oleh 216 regu, terdiri dari peserta didik SD, SMP, SMA, SMK, serta guru dan tenaga kependidikan. Jumlah peserta ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2023 yang hanya diikuti oleh 150 regu.

“Selain Gerak Jalan Pelajar dan Guru Idaman, Disdikbud Kukar juga mengadakan berbagai lomba lainnya dalam rangka memperingati Hardiknas, salah satunya adalah Lomba Rangking 1 yang diikuti oleh siswa-siswi SD, MI, SMP, MTS, SMA, dan SMK di Kabupaten Kutai Kakar,” Katanya.

Joko Sampurno berharap melalui kegiatan ini, semangat juang dan nasionalisme para peserta didik dan pendidik dapat terpupuk.

“Saya mengharapkan kegiatan ini dapat mewujudkan profil pelajar Pancasila dan mengembangkan sumber daya manusia yang berakhlak mulia, unggul, dan berbudaya di Kabupaten Kutai KartanegaraKartanegara,” tutupnya. (Adv/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here