Beranda Daerah Bupati Kukar Ajak Pengusaha dan Buruh Saling Menghormati Hak dan Kewajiban di...

Bupati Kukar Ajak Pengusaha dan Buruh Saling Menghormati Hak dan Kewajiban di Hari Buruh

39
0
BERBAGI
Bupati Kukar Edi Damansyah pimpin apel peringatan hari buruh

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) 2024, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menyampaikan seruan penting kepada para pengusaha dan buruh. Ia mengajak mereka untuk saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Pernyataan ini disampaikan Edi saat menjadi pembina Apel Peringatan Hari Buruh Internasional yang diadakan di Halaman Kantor Bupati Kukar, Rabu (1/5/2024). Ia menekankan bahwa buruh memiliki peran krusial bagi kemajuan bangsa, bukan hanya sebagai penggerak ekonomi, tetapi juga sebagai pelaku utama pembangunan. Oleh karena itu, mereka berhak mendapatkan hak-haknya dengan layak.

“Pengusaha harus memberikan hak pekerja tanpa mengurangi apapun, sesuai amanat peraturan perundangan dan sebaliknya demikian pula, pekerja yang telah menerima haknya juga wajib memberikan hak pengusaha yaitu mendapatkan jasa dari pekerja sebagaimana yang telah diperjanjikan,” kata Edi.

Lebih lanjut, Edi menjelaskan bahwa jika terjadi perselisihan, kedua pihak dapat menyelesaikannya melalui musyawarah dan mufakat dalam forum Lembaga Kerjasama Bipartit. Ia yakin bahwa hubungan industrial yang harmonis antara pengusaha dan buruh dapat terwujud jika semua pihak berkomitmen untuk menaati peraturan yang berlaku.

“Baik Pengusaha maupun Pekerja kiranya dapat saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing sesuai peraturan perundangan yang berlaku dan saya yakin bila hubungan industrial antara Pengusaha dan Pekerja / Buruh akan dapat berjalan dengan harmonis, jika para pihak berkomitmen untuk taat dan patuh pada peraturan perundangan yang berlaku,” tegasnya.

Sebagai penutup, Edi mengajak para pengusaha dan buruh untuk bersinergi dan membangun kerjasama yang baik dan harmonis. Dengan demikian, diharapkan ke depan tidak ada lagi perselisihan, perseteruan, dan perkelahian yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dan ekonomi bangsa.

“Saya harap agar dunia usaha dapat terus maju dan berkembang dengan pesat, dan para buruh dapat hidup dengan aman, tentram, dan sejahtera,” tutupnya.

Di akhir sambutannya, Edi mengucapkan selamat Hari Buruh Internasional (May Day) kepada para buruh Indonesia dengan harapan agar mereka selalu dalam keadaan aman dan sejahtera. (Adv/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here