Beranda Daerah Hidroponik Solusi Ketahanan Pangan dan Gizi di Desa Muara Enggelam

Hidroponik Solusi Ketahanan Pangan dan Gizi di Desa Muara Enggelam

36
0
BERBAGI
Tanaman Hidroponik (ilustrasi)

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur –Desa Muara Enggelam di Kecamatan Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), menerapkan konsep pertanian hidroponik untuk menjaga ketahanan pangan dan meningkatkan kualitas gizi masyarakat.

“Ini merupakan cara kami untuk mempertahankan ketahanan pangan dan kami sangat terbantu dengan tanaman hidroponik, terlebih dalam menghadapi ancaman seperti perubahan iklim,” kata Kepala Desa (Kades) Muara Enggelam, Madi, pada Rabu (1/5/2024).

Madi menjelaskan bahwa inisiatif ini dilakukan karena desa mereka dikelilingi oleh air, sehingga lahan kering atau daratan terbatas. Hidroponik menjadi solusi untuk menanam sayuran tanpa membutuhkan tanah.

“Sayuran hasil hidroponik kemudian dikelola oleh Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Muara Enggelam. Sayuran ini diolah menjadi makanan bergizi dan dibagikan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Madi mengungkapkan bahwa Pemdes Muara Enggelam bekerja sama dengan ahli gizi dari Posyandu Muara Wis untuk memastikan makanan yang disajikan kepada masyarakat tidak hanya segar, tetapi juga bernutrisi tinggi.

“Dalam kerja sama itu, kami ingin memastikan agar masyarakat mendapatkan akses terhadap pangan yang sehat dan bergizi,” ujarnya.

Dirinya berharap inisiatif hidroponik ini dapat menjadi model bagi desa-desa lain dalam mengatasi keterbatasan lahan dan meningkatkan kualitas gizi masyarakat, khususnya di Desa Muara Enggelam. (Adv/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here