Beranda Daerah KWT Kukar Diharapkan Menjadi Garda Terdepan dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan

KWT Kukar Diharapkan Menjadi Garda Terdepan dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan

28
0
BERBAGI
Bupati Kukar, Edi Damansyah saat foto bersama KWT Kukar setelah acara halal bihalal

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menyampaikan harapannya agar Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kukar dapat berperan lebih optimal dalam mendukung program ketahanan pangan di Kukar.

Hal ini disampaikannya dalam acara Halal Bihalal dan Silaturahmi KWT Kukar di Pendopo Odah Etam, Rabu (1/5/2024). Acara tersebut dihadiri perwakilan KWT dari 20 kecamatan, 193 desa dan 44 kelurahan, serta jajaran KTNA Kukar dan Pemkab Kukar.

Edi Damansyah mengatakan bahwa KWT merupakan mitra penting Pemkab Kukar dalam mewujudkan ketahanan pangan. Ia menekankan bahwa tugas utama KWT adalah menanam, bukan berdagang.

“Kita perlu optimalisasi peran KWT dalam program ketahanan pangan. Pangan adalah hal yang fundamental, jika tidak kuat maka akan terjadi gejolak sosial,” ujar Edi Damansyah.

Ia mengapresiasi kinerja KWT selama ini yang telah berkontribusi dalam menjadikan Kukar sebagai daerah unggul dalam ketahanan pangan di Kalimantan Timur.

“Sekitar 42 persen kebutuhan beras di Kaltim berasal dari Kukar, dan KWT memiliki peran besar dalam pencapaian ini,” tuturnya.

Edi Damansyah meminta KWT untuk fokus pada pemanfaatan lahan pekarangan dan mengidentifikasi komoditas unggulan di masing-masing wilayah.

“Kami akan memfasilitasi pasarnya agar produk KWT dapat terserap dengan baik,” tegasnya.

Ia berharap melalui silaturahmi ini, komitmen dan optimalisasi peran KWT dapat semakin diperkuat.

“Mari kita jadikan momen ini sebagai bagian dari upaya kita untuk memperkuat ketahanan pangan di Kukar,” pungkasnya (Adv/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here