Beranda Daerah Kukar Perkuat Kerjasama OPD, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan Jelang IKN

Kukar Perkuat Kerjasama OPD, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan Jelang IKN

31
0
BERBAGI
Suasana Bimtek Penyusunan Rancangan Pemetaan Potensi Kerjasama Daerah di Hotel Mercure Samarinda.

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar), H Sunggono menekankan pentingnya memperkuat kerjasama antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan, dan Desa/Kelurahan di Kukar.

Hal ini disampaikannya dalam Bimbingan Teknis Penyusunan Rancangan Pemetaan Potensi Kerjasama Daerah (KSD), Simulasi Draft Penyusunan Naskah Kerjasama dan Tahapan Evaluasi Pelaksanaan Kerjasama, Jumat (3/5/2024) di Meeting Room Hotel Mercure Samarinda.

Sunggono menjelaskan bahwa terdapat tiga hal penting yang perlu diperhatikan terkait kerjasama. Yaitu, Evaluasi Kerjasama yang Ada, penyesuaian Kerjasama dengan Rencana Strategis dan pertimbangan Keberadaan IKN

Ia mencontohkan, Pemkab Kukar telah menjalin kerjasama dengan Otorita IKN untuk menginventarisir potensi kerjasama di bidang transportasi dan ekonomi.

“Jadi cermati dengan benar terkait peluang Kerjasama dengan IKN ini untuk kemajuan pembangunan kita,” kata Sunggono.

Sunggono juga menekankan pentingnya transfer pengetahuan dari Kecamatan kepada Desa/Kelurahan terkait kerjasama. Ia berharap Camat dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana seharusnya kerjasama dijalin di tingkat Desa/Keluraha

“Beberapa hal kerjasama yang terverifikasi yang sudah bisa ditingkatkan statusnya, misalnya dari sifatnya hanya beberapa sektor menjadi berlebih itu hendaknya sudah dilakukan. Terakhir saya ingatkan lagi persiapan antisipasi pindahnya IKN harus dicermati,” tutupnya. (Adv/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here