Beranda Daerah Rehabilitasi DAS di Kukar, Andalkan Mangrove dan Udang untuk Dongkrak Ekonomi

Rehabilitasi DAS di Kukar, Andalkan Mangrove dan Udang untuk Dongkrak Ekonomi

33
0
BERBAGI
Asisten I Setdakab Kukar, Akhmad Taufik Hidayat saat menghadiri program rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS)

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menunjukkan komitmennya dalam menjaga lingkungan dengan mendukung penuh program rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) melalui penanaman mangrove dan penaburan benih udang.

Asisten I Setdakab Kukar, Akhmad Taufik Hidayat, hadir langsung dalam kegiatan penanaman perdana di lahan Kelompok Tani Hutan (KTH) Ramah Lingkungan Desa Salo Sumbala, Kecamatan Muara Badak, Selasa (7/5/2024).

“Program yang diinisiasi Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim bersama PT Indexim Coalindo ini akan merehabilitasi lahan seluas 1.000 hektar dengan menanam sekitar tiga juta bibit mangrove,” ucap Taufik.

Taufik menyatakan dukungan penuh Pemkab Kukar terhadap program ini, terutama karena sistem silvofishery yang diterapkan dapat meningkatkan nilai ekonomis bagi masyarakat sekitar.

“Kami sangat mendukung program ini dan sistem silvofishery ini akan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar,” katanya.

Ia juga mengutip arahan Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik, yang menyebut program ini sangat positif. Taufik berharap program serupa dapat direplikasi di wilayah lain di Kukar yang memiliki potensi rehabilitasi.

“Ini adalah langkah baik yang perlu diikuti semua pihak, terutama mereka yang memiliki kewajiban,” tegasnya.

Kegiatan ini menjadi bukti nyata upaya pemerintah dan swasta dalam menjaga lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan. (Adv/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here