Beranda Daerah Ekspresi Budaya Tradisional Kukar Membuka Ruang Bagi Pelaku Seni

Ekspresi Budaya Tradisional Kukar Membuka Ruang Bagi Pelaku Seni

23
0
BERBAGI
Acara Ekspresi Budaya Tradisional di Kukar

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuka wadah bagi pelaku seni dengan menjalankan program ‘Ekspresi Budaya Tradisional Kukar’.

Dimulai sejak 01 Desember 2023, program ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Kukar. Setiap malam Minggu, di Tugu Tiitik Nol jalan Pangeran Diponegoro, tepat di depan Museum Mulawarman Tenggarong, terdengar gemuruh kegiatan seni tradisional yang menggugah jiwa.

Kolaborasi antara Disdikbud Kukar Bidang Kebudayaan dan Winsae Production menjadikan program ini sebagai wadah bagi semua elemen masyarakat yang ingin mengekspresikan seni budaya lokal.

Menurut, Jabatan Fungsonal (Jafung) Pamong Budaya Ahli Muda Disdikbud Kukar, M. Saidar, kegiatan ini bukan hanya sekadar pertunjukan seni, melainkan juga upaya untuk mempromosikan kebudayaan lokal Kabupaten Kukar.

“Kami membuka ruang publik bagi komunitas, pelaku seni, juga peserta didik yang memiliki karya budaya yang patut ditampilkan,” ucap Saidar saat ditemui awak media pada kegiatan Ekspresi Budaya Tradisional Kukar di Tugu Titik Nol, Sabtu (11/05/2024) malam.

Dia bilang, hadirnya Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim) mendorong Disdikbud Kukar untuk lebih giat dalam memperkenalkan dan melestarikan kebudayaan lokal.

“Kedepannya, kita akan menghadapi IKN, jangan sampai kebudayaan tradisional kita hilang,” terangnya

Saidar berharap, dengan agenda Ekspresi Budaya Tradisional Kukar, kedepannya dapat menanamkan rasa kecintaan terhadap budaya lokal, agar dikenal secara luas dimulai dari Kukar hingga ke luar daerah.

“Kami berharap, anak muda maupun komunitas seni kedepannya bisa mengenal tentang seni budaya lokal,” tandasnya.

Sebagai informasi, beragam pertunjukan seni telah menghidasi acara ‘Ekspresi Budaya Tradisional Kukar’ pada malam hari ini, seperti, Tari Jepen, Tari Jaran Barong, Tari Perang SDN 10 Tenggarong, Tarsul oleh M. Farhan Ramadhan, Puisi Busu Sukardi Wahyudi, serta talkshow “Bekesahan” dengan narasumber Aditya C Yooh, Maliq AK, dan Busu M. Saidar. (Adv/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here