Beranda Daerah Air Terjun Gunung Malang, Destinasi Wisata Baru di Desa Cipari Makmur Kukar

Air Terjun Gunung Malang, Destinasi Wisata Baru di Desa Cipari Makmur Kukar

23
0
BERBAGI
Air Terjun Gunung Malang Desa Cipari Makmur

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Air Terjun Gunung Malang di Desa Cipari Makmur, Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi salah satu destinasi wisata baru yang patut dikunjungi. Destinasi wisata ini menawarkan suasana alam yang masih asri dan kental dengan kearifan lokal.

Air terjun ini berjarak sekitar 5 km dari kantor desa dan sebelumnya sulit dijangkau. Namun, berkat kerjasama antara pemerintah desa dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Demong Sora, akses jalan menuju air terjun ini telah diperbaiki dan dapat dilalui dengan kendaraan roda dua maupun empat.

“Sekarang akses jalannya sudah baik dan bisa dilewati. Kalau dulu, hanya kendaraan roda dua yang bisa lewat,” kata Kepala Desa Cipari Makmur, Sodikin Sukmana, Sabtu (8/6/2024).

Pengembangan destinasi wisata ini tidak terlepas dari bantuan pemerintah daerah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar. Dana sekitar Rp 1 miliar telah digelontorkan untuk perbaikan akses jalan dan pembangunan fasilitas penunjang seperti gubuk kecil untuk tempat bersantai dan gazebo.

Sodikin menjelaskan bahwa destinasi wisata ini sudah dibuka untuk umum namun belum memungut retribusi tiket masuk. Hal ini dikarenakan beberapa pengembangan masih terus dilakukan.

“Harapannya, destinasi wisata ini bisa menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat desa,” harapnya.

Air Terjun Gunung Malang memiliki potensi besar untuk menjadi destinasi wisata unggulan di Kukar. Keindahan alamnya yang masih asri dan kearifan lokal yang kental menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Dengan pengelolaan yang baik dan berkelanjutan, destinasi wisata ini diharapkan dapat menjadi ikon baru wisata alam di Kukar. (Adv/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here